Lestarikan Budaya, Pemkab Gorontalo Gelar Tradisi Tonggeyamo – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Lestarikan Budaya, Pemkab Gorontalo Gelar Tradisi Tonggeyamo

LIMBOTO, Republikpos.com – Dalam rangka menghadapi Bulan Suci Ramadhan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo beserta tokoh adat menggelar Budaya Tengeyamo (Sidang isbat penetapan awal ramadhan) di Rumah Dinas Bupati, Selasa (15/5).

Melalui mekanisme Budaya Tenggeyamo tersebut, Pemerintah bersama Tokoh Adat akan menetapkan kapan umat muslim di Kabupaten Gorontalo akan mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan 1439H.

Usai melakukan Tenggeyamo, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, langsung melakukan jumpa pers. Ia menyampaikan, pemerintah bersama tokoh adat sepakat Awal Ramadhan jatuh pada Hari Kamis, Tanggal 17 Mei 2018.

“Kami juga mengumumkan soal mulainya sholat isyah dan terawe dimasjid, yang dimulai pada pukul 19:30 Wita. Ini adalah acuan bagi seluruh masjid yang tersebar di Kabupaten Gorontalo.” Papar nelson yang juga sebagai ketua Ikatan Masjid Indonesia, Provinsi Goronyalo.

Selain itu, Bupati Gorontalo ini juga berpesan, bagaimana menggunakan masjid dengan baik. Dengan siar islam melalui bulan suci ramadahan dilakukan secara semarak. Dengan menjaga ke khusuan dankewibawaan dan keagungan dibulan suci rmahdan, melalui edaran penutupan tempat-tempat penyedia makan pada siang hari seperti, restoran, cafe, tempat karaoke, dan tempat hiburan malam lainya.

“Karena ini tahun politik, saya juga mengingatkan, masjid yang menjadi tempat ibadah secara intens harus benar-benar dijaga kesuciannya. Jangan digunakan sebagai tempat berpolitik atau profokatif.” Imbuh dia

Bersama mari kita berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesehatan hingga dapat menjalani bulan suci ramadhan ini. Dengan harapan mereka bisa mendapatkan banyak pahala di bulan Ramadhan dan tidak menyia-nyiakannya. Tutup Nelson.(em)

alterntif text
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top