Jelang Ramadhan, LAMAHU Gelar Tradisi Bagi-bagi “Yimelu” – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Jelang Ramadhan, LAMAHU Gelar Tradisi Bagi-bagi “Yimelu”

JAKARTA, Republikpos.com – menjelang bulan Suci Ramdhan 1439 tahun ini, organisasi Gorontalo rantau terbesar
di Jakarta yaitu LAMAHU ( Huyula Heluma Lo Hulontalo ) JABODETABEK, kembali menyelenggarakan kegiatan rutinitas tahunan organisasi yaitu penyerahan paket “YIMELU”.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus LAMAHU Bidang Agama & Sosial tersebut sekaligus dirangkai dengan agenda pengajian bulanan organisasi itu dan dilaksanakan di Masjid “Assakinah” kompleks perkantoran Panasonic- Gobel, Cawang – Jakarta Timur pada Kamis,10/05/2018.

Pembacaan Surrah Alfateha dan Surrah Yassin dilanjutkan ceramah agama oleh Ust. H.Yasir Arafat Liputo,Lc. dengan mengangkat tema “ Hartamu Berkah atau Fitnah? mengawali acara itu.

Pengurus inti, tokoh-tokoh, senior-senior dan para aktifis, dan pengurus pilar LAMAHU serta korlap-korlap organisasi Gorontalo Rantau yang terdaftar di LAMAHU hadir memenuhi undangan itu.

Abubakar Pou ketua panitia pelaksana, saat ditemui Republikpos disela acara itu, ia mengatakan “YIMELU” adalah tradisi masyarakat Gorontalo ketika akan menghadapi puasa di bulan Ramadhan. Sebenarnya pengertian kata “YIMELU” dalam bahasa Indonesia adalah “ Menyapa “ contoh seperti kita menyapa teman, orang dan lain-lain tergantung tujuannya.

Meskipun ada beberapa pengertian tentang “YIMELU”, namun menurut ketua bidang agama & sosial itu, bahwa “YIMELU” dalam kontes menghadapi puasa di bulan ramadhan yang sudah dekat, maka kegiatan YIMELU” bisa juga diartikan akan “menyapa” bulan Suci Ramadhan. Bahkan konon katanya kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat Gorontalo yang telah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Dimana ketika akan memasuki bulan ramdhan, maka sebagian orang Gorontalo yang saat itu memiliki kelebihan finansial atau harta benda, mereka “menyapa” para fakir miskin dengan cara membagikan sebagian uang dan hartanya kepada masyarakat miskin agar pada hari pertama puasa di bulan Ramadhan para fakir miskin itu dapat bersahur dengan baik dan malam harinya dapat berbuka puasa dengan tenang. Jadi, kami pengurus LAMAHU hanya meneruskan tradisi itu agar tidak punah.

Abubakar menguraikan dibanding tahun lalu, maka untuk tahun ini pengurus LAMAHU hanya dapat menghimpun dan menyalurkan 1026 Paket YIMELU. Dimana tahap pertama(pembagian saat ini) diberikan kepada masyarakat Gorontalo se JABODETABEK. Namun teknisnya diserahkan secara simbolis melalui KORLAP (Koordinator Lapangan) yang telah ditunjuk oleh masing-masing wilayah.

Dari jumlah 1026 paket yang dibagi saat ini lebih kurang 686 paket. Sisanya akan diantar oleh panitia melalui korlapnya. Paket “YIMELU” yang dibagikan ini adalah partisipasi dari 107 masyarakat Gorontalo rantau yang sukses dan ingin menginfaqkan harta bendanya melalui LAMAHU yang koordinir oleh pengurus bidang Agama & Sosial.

Meskipun tahun ini adalah tahun ketiga baginya menjadi ketua panitia pelaksana kegiatan “YIMELU”. Namun Abubakar tetap memohon maaf kepada seluruh warga Gorontalo rantau di JABODETABEK apabila tahun ini tidak semuanya menerima paket tersebut. Insya Allah tahun depan semuanya akan dapat bagian. Ujar H. Abubakar Pou.(ibra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top