Soal Tapal Batas Buol-Gorut, Ini Kata Wakil Ketua DPRD Gorut - REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Soal Tapal Batas Buol-Gorut, Ini Kata Wakil Ketua DPRD Gorut

GORUT, Republikpos.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Lukman Botutihe mengapresiasi dan memberikan dukungan terhadap aksi yang dilakukan oleh masyarakat terkait dengan persoalan tapal batas Kabupaten Gorut dengan Kabupaten Buol atau tepatnya antara Tolinggula dengan Palele.

Lukman mengatakan, tapal batas dikedua kecamatan tersebut, adalah sama artinya juga, merupakan tapal batas antara Kabupaten Gorut dengan Kabupaten Buol. Bahkan, juga mengatur soal tapal batas antara dua provinsi, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulteng.

Selama ini kata politisi PAN ini, tapal batas antara kedua kecamatan tersebut, tidak ada masalah. Artinya lagi, hal itu sudah jelas dan ini telah berlangsung lama. Jika kemudian kata dia, muncul atau dipersoalkan lagi, maka apa yang dilakukan oleh massa dalam aksi kemarin, patut untuk didukung.

“Saya mendukung aksi tersebut, tapal batas sudah jelas sejak lama, tak perlu dipersoalkan lagi,” kata Lukman.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Gorut ini juga mengatakan, pemerintah daerah harus lebih serius dan tegas terhadap segala upaya yang berdampak tidak baik terhadap daerah ini. Termasuk soal tapal batas tersebut. Seperti penjelasan Camat Tolinggula Rizal Yusuf Kune, tapal batas ini sudah ada sejak tahun 1898 dari residen Sulawesi Utara di Gorontalo nomor 700.

Di tahun 1985, tapal batas yang dibangun TNI juga sama hingga tahun 2003 kemarin yang tetap mengikat ditapal batas lama. Tapal batas tersebut sudah ada sejak masih tergabung dengan Provinsi Sulut.

Meski begitu, Lukman kembali menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak mudah terprovokasi. Koordinasi dan komunikasi kata dia, lebih ditingkatkan disemua tingkatan, untuk menjaga hal – hal yang tak diinginkan.(ms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top