DPR Pertanyakan SK Baznas - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

DPR Pertanyakan SK Baznas

GORUT, Republikpos.com – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Rahmat Lamaji mendesak kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gorut untuk segera saja mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan BAZNAS yang baru sesuai dengan hasil rekruitmen setahun yang lalu, yang sesuai dengan informasi yang diterima oleh pihak Komisi III DPRD Gorut bahwa telah terbentuk kepengurusan dalam rapat pleno internal yang terpilih sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Rahmat menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi pemerintah daerah melalui PJS. Bupati untuk tidak mengeluarkan SK.

“Segera saja SK BAZNAS yang baru diterbitkan. Tidak ada alasan untuk menahannya. Pjs. Bupati yang ada saat ini harus tegas dan dapat melaksanakan ini,” ungkapnya. 

BAZNAS merupakan organisasi yang harus bekerja secara independen tanpa ada interfensi dari pihak manapun dan kepentingan apapun.

“Apalagi ini terkait dengan pengelolaan amil dan zakat yang peruntukannya sangat jelas. Begitu juga dengan sumber-sumber dananya juga jelas dari mana saja” ujarnya.

Olehnya Rahmat menegaskan agar SK Kepengurusan yang baru segera diterbitkan. “Kami juga bertanya-tanya kepengurusan BAZNAS saat ini bagaimana dan siapa saja komposisinya. Padahal rekruitmen yang dilaksanakan telah setahun berlalu kalau tidak salah ingat” tegas Rahmat.

Jika memang telah ada komposisi pengurus, segera saja terbitkan SK. Dan terhadap apa yang telah dilaksanakan oleh pengurus lama mulai dari pelaksanaan program, pengelolaan keuangan dan penerima bantuan juga harus diperjelas dan dipertanggungjawabkan.

“Karena ini menyangkut pengelolaan dana umat. Sehingga tidak perlu ada yang disembunyikan” paparnya.

Pjs. Bupati, kata Rahmat, harus tegas dalam hal ini. ” Kenapa sampai berlarut-larut. Informasi yang kami peroleh SK tersebut telah ada dan diterbitkan sejak bulan April kemarin. Namun kenapa sampai saat ini belum juga diserahkan jika SK tersebut telah ada. Jika berbelit begini maka patut untuj dicurigai. Ada apa dengan BAZNAS, sampai Pemda Kabupaten Gorut urung menyerahkan SK” tandasnya.(ms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top