alterntif text
Daerah

Selewengkan Dana Desa, Oknum Kades Ditahan

kades hutabohu (AL) langsung mengenakan rompi oranye usai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka pada kasus dugaan korupsi dana desa ta. 2016. foto: epox

LIMBOTO,- Kepala Desa Hutabohu bersama dua oknum lain ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana desa oleh Kejaksaaan Negeri (Kejari) Limboto. Penetapan Kades Hutabohu sebagai tersangka ini setelah yang bersangkutan telah empat menjalani pemeriksaan sebelumnya sebagai saksi pada kasus dana desa TA 2016 tersebut.

Kades Hutabohu (AL), bersama Ketua Tim TPK Desa Hutabohu (GP), dan oknum pihak ketiga (UK) yang berperan sebagai penyedia material, diduga telah bersama-sama melakukan penyelewengan terhadap dana desa senilai 650 milyar rupiah pada proyek penimbunan jalan tani di desa tersebut.

Dari hasil audit investigasi BPKP, ditemukan adanya kerugiak negara mencapai 150 juta rupiah pada proyek yang dianggarkan melalui dana desa tersebut, “Sebenarnya ada 170 juta, hanya saja yang 20 juta sudah dikembalikan oleh yang bersangkutan,” ujar Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Limboto, Makrun SH.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, ketika pelaku tersebut langsung ditahan oleh pihak kejaksaan. Hal ini dilakukan mengingat yang bersangkutan masih menjabat sebagai kepala desa. “Ini adalah langkah pencegahan, agar yang bersangkutan tidak melakukan tindak penyelewengan dana desa lagi, apalagi saat ini statusnya masih kepala desa,” tandas Makrun.(em)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top