alterntif text
Daerah

Banjir Longsor, Jalur Gorut-Kabgor Putus

GORUT,- Banjir dan tanah longsor yang menggenangi ruas ruas jalan utama yang menghubungkan Kabupaten Gorontalo dan Gorontalo Utara membuat jalur transportasi darat kedua kabupaten itu tidak bisa dilalui kendaraan. Alhasil, agar bisa menembus jalan itu kendaraan kendaraan harus memutar jauh. Akibatnya jarak tempuh yang biasa ditempuh antara kedua wilayah tersebut hanya berkisar setengah jam, Senin sore hingga malam baru bisa dilalui dengan waktu 3-4 jam lebih.

Bencana alam ini terjadi, menyusul derasnya guyuran hujan yang mengguyur dua kabupaten ini Senin sore (16/4) kemarin.

Dari pantauan dilapangan kenderaan memutar terjadi harus melalui jalan By Pass Bandara hingga menembus jembatan sebelum jalan baru Ring Road. Itu akibat jembatan kecil pada jalan utama tersebut tak bisa dilalui karena air meluap melintasi jembatan cukup deras, ” Takutnya pas melintas, ambruk,” urai beberapa warga sekitar.

Jalanan itu pula tak mudah dilalui akibat becek dan sisa sampah luapan sungai isimu yang menggenangi rumah rumah yang berada disekitar jalan baru Ring Road tergenang setinggi lutut orang dewasa. Genangan air akibat luapan sungai itu bahkan sampai dipertigaan arah bandara lama Isimu.

Bukan hanya itu, jika kita terus ke arah Gorontalo Utara, jalanan tanjakan pontolo juga putus akibat tertutup longsor. Bahkan untuk sampai kebawah (Gorontalo Utara) kita harus melewati pula jalan memutar melewati pertigaan Desa Labanu hingga tembus markas Kostrad lalu tembus pertigaan Molingkapoto. Disini perjalanan juga belum aman, luapan air yang cukup deras pula akan menghadangi perjalanan.

Rumah rumah warga jika dihitung ada ratusan yang tergenang disepanjang jalan utama tersebut. Apalagi rumah rumah yang berada di bantaran sungai Isimu hingga Gorut, semuanya rata rata tenggelam dengan genangan air setinggi 1 meter. Sepanjang jalan pun diwarnai dengan kerumunan warga hingga perabotan yang diungsikan ketengah jalan.
Sampai berita ini diturunkan belum ada korban jiwa. Namun kerugian dari peristiwa banjir longsor ini ditaksir berkisar ratusan juta rupiah.(*)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top