alterntif text
Daerah

Banjir Landa Pemukiman Warga di Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO,- Bajir kembali melanda ratusan rumah warga di Kecamatan Tibawa. Menurut keterangan Kepala Dinas Penanggulangan Bencana Daerah, Husni Deka, Banjir kali ini lebih besar dari banjir-banjir sebelumnya.

“Dari data sementara yang berhasil kami kumpulkan ada 6 Desa yang menerima dampak banjir ini, Desa Labanu, Buhu, Iloponu, Botumo Puti, Datahu dan Isimu Raya. Dengan jumlah 3671 Kk yang menerima dampak banjir” Ucap Husni

Penyebap banjir di Kecamatan Tibawa karena curah hujan yang cukup tinggi. Sehingga meluapnya dua sungai besar, sungai alo dan sungai molalahu. Kemudian air mulai merembes dan memasuki rumah warga.

“Luapan air sungai mulai memasuki rumah para warga dari pukul 18:15 Wita, dengan ketinggian air 50 cm sampai dengan 1 meter.” ujar Husni kepada para awak media, Senin (16/4)

Selanjutnya ia menjelaskan, evakuasi oleh tim gabungan, BPBD, SAR, TAGANA, TNI dan POLRI tidak terdapat korban jiwa.
Ia melanjutkan, kawasan yang paling parah terdampak banjir adalah Desa Datahu Dusun Topolo.

“Kami terus mengupayakan evakuasi walaupun ada beberapa masyarakat yang memilih bertahan dan tidak ingin dievakuasi, selain itu untuk membantu para korban banjir pemerintah telah menyediakan makanan siap saji untuk dibagikan.” Imbuhnya

Husni juga mengakui, memang jika curah hujan cukup tinggi maka banjir dengan cepat akan langsung terjadi.(em)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top