Sistem penyaluran Pupuk Bersubisidi Akan Gunakan Kartu Tani – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Sistem penyaluran Pupuk Bersubisidi Akan Gunakan Kartu Tani

GORONTALO, Republikpos.com – Pupuk bersubsidi di Gorontalo akan disalurkan ke Petani dengan menyaratkan penggunaan Kartu Tani (KT). Penebusan pupuk dengan KT ini dinilai memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah adanya perencanaan kebutuhan pupuk yang terukur, kebijakan ini dapat meminimalisir penyalahgunaan pupuk bersubsidi kepada yang tidak berhak.

“ Tahun 2019 kami sudah bisa melakukan penyaluran pupuk dengan menggunakan Kartu Tani,” kata Nurbaya Abdul Gani, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Jumat (27/4).

Sistem baru ini dipaparkan pada rapat koordinasi Komisi Pengawasan Pupuk, Pestisida (KPPP).

“ Dengan data yang terintegrasi secara online dengan Kementrian Pertanian diharapkan petani bisa menebus pupuk cukup dengan menggunakan kartu tani,” ujar Nurbaya Abdul Gani.

Tahun ini sudah ada 10 provinsi di Indonesia yang menerapkan kebijakan penebusan pupuk bersubsidi dengan kartu tani.

Kepala Dinas Pertanian, Muljadi Mario menilai masalah pupuk bersubsidi merupakan hal yang strategis. Pupuk bersubsidi mampu mewujudkan ketahanan pangan daerah dan nasional, juga bisa memenuhi kebutuhan petani di lapangan.

Muljady menyebut kebutuhan pupuk bersubsidi di Gorontalo mencapai 75 ribu ton per tahun. Pemerintah hanya mampu memenuhi 35 ribu ton. Selebihnya dibantu oleh Kementrian Pertanian.(ra)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

alterntif text
To Top