Soal Pengembangan Pariwisata Gorontalo, Ini Kata Menpar - REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Soal Pengembangan Pariwisata Gorontalo, Ini Kata Menpar

JAKARTA, Republikpos.com – Menteri Pariwisata RI Arief Yahya saat menyampaikan sambutannya pada launching Calendar of Event Pesona Pariwisata Gorontalo di Gedung Kementerian Pariwisata RI, Rabu (25/4), mengungkapkan bahwa untuk memicu minat wisatawan untuk berkunjung ke Gorontalo, harus ada langkah inovatif dari Pemerintah Daerah setempat.

Salah satu cara adalah dengan menggandeng daerah daerah lain yang bidang pariwisatanya sudah lebih maju seperti Manado atau Makassar.

“Saat ini dari data yang ada jumlah wisatawan baik manca negara maupun lokal yang berkunjung ke Gorontalo hanya berkisar 8 ribuan per-tahun. Sementara sesuai target adalah 10 ribu tiap tahun. Oleh sebab itu harus bergabung Manado dan Makassar. Jika tidak melakukannya maka tidak mungkin akan tercapai target tersebut.” ujar Arif.

Gorontalo juga kata Arif harus belajar dari Banyuwangi, yang sebelumnya tidak dikenal akhirya bisa menjadi salah satu destinasi pariwisata andalan di Jawa Timur setelah sebelumnya melakukan promosi wisata yang bergabung dengan Bali.

Arif juga meminta agar Gorontalo harus lebih aktif lagi dalam menggelar even-even pariwisata yang menarik. “Paling tidak jumlahnya 52 event yang memiliki nilai atraktifnya. Sebab, jika Pariwisata tanpa eventnya berarti tak ada atraksinya. Maka harus membuat event yang besar.” jelasnya.

Selain itu, faktor akses juga harus diperhatikan. Karena jika akses sulit, maka kecil kemungkinan dapat menarik minat wisatawan. “Jika Gorontalo ingin menjadi destinasi berkelas dunia, maka harus membuat aksesiblitas berkelas Internasional. Misalnya membangun bandar udara. Biasanya Sebab para wisatawan kebanyakan tidak mau terlalu lama menunggu. Maka, Bandara Jalaludin harus berskala Internasional. Tetapi, sebelum membangun bandara yang berskala Internasional, untuk sementara menggunakan bandaranya Manado dan Makassar.” tutur Arif.(amr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top