Targetkan Bebas Buta Aksara, Ini Langkah Pemkab Gorontalo – REPUBLIKPOS.COM
alterntif text
Daerah

Targetkan Bebas Buta Aksara, Ini Langkah Pemkab Gorontalo

LIMBOTO, Republikpos.com – Pemerintah Kabupaten Gorontalo saat ini tengah gencar-gencarnya mengentaskan buta aksara. Salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah kabupaten Gorontalo adalah dengan menyelenggarakan Program Keaksaraan Komunitas Adat Terpencil (KD-KAT) bagi Suku Polahi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hutuo Lestari.

Adapun program pendidikan keaksaraan komunitas adat terpencil khusus bantuan pemerintah Pusat untuk Kabupaten Gorontalo dari kementerian pendidikan dan kebudayaan tahun 2018 membelajarkan lebih kurang 1000 orang dan akan dilaksanakan di tiga titik pembelajaran diantaranya Desa Tapaluluo 50 orang khusus KAT, di Desa Tamaila Kecamatan Tolangohula 20 orang, dan Desa Asparaga 30 orang.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengungkapkan bahwa program ini adalah salah satu upaya pemerintah untuk memajukan daerah. ” Sebagai langkah kongrit untuk menuntaskan buta aksara, 100 orang yang berasal dari Suku Polahi yang tersebar di berbagai PKBM di Kabupaten Gorontalo, kini telah mendapat pelatihan dan pembelajaran ” Ungkap Bupati Nelson.

Lebih lanjut Nelson memaparkan bahwa kegiatan seperti ini harus terus digencarkan, mengingat buta aksara yang ada di Kabupaten Gorontalo masih berjumlah 1000 orang. ” Maka program ini terus kita dorong tuntaskan secara bertahap.” ujarnya.

Nelson juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, tidak terkecuali agar tidak malu untuk terus belajar.

“Tidak perlu malu, karena ini demi kemajuan. Dengan membaca orang mampu membuka dunia. Jika tidak mampu membaca maka tidak akan mampu membuka dunia atau membuat perubahan.” tandasnya saat membuka Program Keaksaraan Komunitas Adat Terpencil (KD-KAT) Suku Polahi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM Hutuo Lestari), Sabtu (28/4) di Desa Tapaluluo Kecamatan Telaga Biru.(em)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top