Di Rakornas PKK, Iriana Joko Widodo Ingatkan Agar PKK Tidak Berpolitik – REPUBLIKPOS.COM
Daerah

Di Rakornas PKK, Iriana Joko Widodo Ingatkan Agar PKK Tidak Berpolitik

JAKARTA, Republikpos.com – Tidak dapat dipungkiri jika Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) memegang peranan penting dalam kesuksesan pembangunan daerah dan masyarakat satu daerah. Bagaimana tidak, organisasi ini memiliki pengurus yang tersebut tersebar hingga ke tingkat desa.

Dengan kader yang tersebar diseluruh wilayah NKRI, PKK berhasil menjadi mitra pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, bahkan pemerintah tingkat desa sekalipun, organisasi ini berperan dalam membangun daerah.

Sebagai organisasi yang menjadi mitra dan pendamping pemerintah, PKK sangat dilarang untuk terlibat dalam politik praktis, meskipun para ketua atau kader PKK sebagian adalah mereka yang terafiliasi dengan partai politik tertentu.

Jelang tahun politik pada 2019 mendatang, Pembina TP PKK pusat, Iriana Joko Widodo, mengingatkan kepada seluruh kader maupun pengurus PKK agar tidak membawa-bawa PKK dalam kegiatan politik yang berbau politik.

“PKK tidak boleh berpolitik! Jadi murni di kegiatan PKK.” ujar Iriana Joko Widodo saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Nasional TP PKK yang dirangkaikan dengan peringatan 46 tahun Gerakan PKK, yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan kader dari TP PKK se-Indonesia, Selasa (10/4).

Sebagai organisasi mitra pemerintah, Iriana mengatakan, bahwa PKK harus memiliki program yang bersinergi dengan program pemerintah demi keutuhan dan kerukunan keluarga sebagai elemen penting dalam persatuan dan kesatuan bangsa.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Pembina TP PKK pusat, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Nurinda Rahim, mengaku sangat setuju dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo tersebut. Menurutnya sudah seharusnya PKK memiliki program kerja yang sejalan dengan program pemerintah.

Selain itu pula, kata Nurinda, sebagai organisasi yang melekat dalam tubuh pemerintahan, pengurus maupun kader PKK sudah seharusnya tidak menggunakan organisasi PKK sebagai alat politik, karena akan mencoreng tujuan utama dari PKK itu sendiri.

Wakil Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Nurinda Rahim. Foto: Ibrahim.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PKK, Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, istri Wakil Presiden RI Mufidah Jusuf Kalla, dan sejumlah pengurus TP PKK pusat.(ibra)

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top