alterntif text
Daerah

Tabongo Jadi Pusat Pengembangan Tanaman Hortikultura

LIMBOTO,- Kecamatan Tabongo jadi pusat pengembangan tanaman hortikultura jenis bawang merah di Kabupaten Gorontalo. Hal disampaikan oleh Bupati Nelson Pomalingo saat meninjau lokasi budidaya tanaman hortikultura di Desa Ilomangga, Kecamatan Tabongo.

“Pengembangan tanaman hortikultura khusus untuk bawang merah akan difokuskan pada wilayah Kecamatan Tabongo. Sebagai pertimbangan dilihat dari pengairannya yang sangat baik.” kata Bupati Nelson.

Nelson menambahkan, untuk komoditi bawang merah harus terus dikembangankan, apalagi inflasi harga bawang merah terus meningkat. Saa ini kata Nelson, Yang menjadi kendala adalah pasokan bibit bawang merah masih dari luar daerah Gorontalo.

“Saya menargetkan kedapan produksi kita sudah bisa menghasilkan bibit bawang merah dari hasil yang kita budidayakan.” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo yang ditemui setelah melakukan peninjauan hortikultura bersama Bupati Gorontalo, menuturkan bahwa bantuan untuk budidaya tanaman hortikultura komoditas bawang merah untuk para petani saat ini ada sekitar 25 ton. Bantuan tersebut rencananya akan disebarkan pada 10 kelompok tani. Sebagian kelompok sudah menerima bibit bawang merah, dan 12.5 ton telah dibudidayakan.

“sebenarnya pengadaan 25 ton itu sudah ada, tetapi ada kesalahan dari pihak ketiga dalam pengadaan bibit. Sebagian bibit bawang merah yang diadakan sebagian rusak, maka saya mengintruksikan pihak terkait untuk mengganti dengan bibit yang layak untuk kita berikan kepada para petani bawang merah”, jelasnya.

Untuk membantu para petani hortikultura, Rahmat menuturkan bahwa sesuai instruksi Bupati, pihaknya juga akan memperbaiki saluran pengairan yang ada di Desa Ilomangga.(em)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top