alterntif text
Advertorial

Mentan Amran Sulaiman Hadiri Panen Raya Jagung di Kabupaten Gorontalo

LIMBOTO,- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menghadiri panen raya jagung di Desa Dungala, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (14/2). Usai mengikuti prosesi panen raya tersebut, Mentri Pertanian Andi Amran Sulaiman hari ini juga akan dilanjutkan dengan ekspor jagung ke Philipina. “Hari ini kita realisasikan ekspor kita kenegara tetangga, dengan pesanan sebanyak 18.000 Ton, tapi target kita untuk tahun 2018 adalah 100.000 ton.”

Untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi, kata Mentan Amran pemerintah pusat melakukan ekspor dan investasi, oleh karena itu semua komoditas strategis terus di dorong untuk meningkatkan hasil yang lebih tinggi. “Ini juga merupakan langkah yang diambil pemerintah untuk mengantisipasi turunnya harga jagung” jelasnya.

Selain Filipina yang setiap tahunnya membutuhkan 1 juta ton jagung per-tahun, Malaysia juga adalah negara yang membutuhkan import jagung yang cukup tinggi, yakni 3 juta ton per-tahunnya. “Sehingganya kita harus mendorong produksi jagung Gorontalo terlebih di Kabupaten Gorontalo.” imbuhnya.

Kebutuhan negara negara tetangga akan jagung ini, kata Menteri Amran adalah peluang emas bagi para petani jagung. Sehingganya jumlah ekspor jagung akan terus ditingkatkan di tahun 2018 ini.

Sementara itu, menanggapi apa yang disampaikan oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa saat ini hasil produksi jagung Kabupaten Gorontalo setiap tahunnya berkisar 400 ribu ton, “Luas tanam jagung sekitar seratus tujuh ribu hektar dengan hasil produksi jagung 400 ribu ton lebih. Langkah yang dilakukan agar mencapai hasil produksi tersebut bukan hanya dari bantuan subsidi tapi dengan membentuk kemandirian petani juga.” kata Nelson.

Nelson berharap Pemerintah Pusat tidak hanya sekedar meningkatkan jumlah ekspor saja, tapi juga bagaimana menarik minat investor untuk masuk ke wilayah Kabupaten Gorontalo dan membangun pabrik pakan terbesar di kawasan Indonesia Timur di Tahun 2018 ini.

Sekedari informasi, turut hadir pada kegiatan ini, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dan Anggota DPR RI, Roem Kono.(red)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top