alterntif text
Daerah

KPU Gorut-Bolmut Bangun Nota Kesepahaman

GORUT,- Nota kesepahaman resmi ditanda tangani antara KPU Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dengan KPU kabupaten Bolmut. Nota kesepahaman ini, terkait dengan data pemilih daerah perbatasan untuk pelaksanaan Pilkada 2018.

Komisioner KPU Kabupaten Gorut Sophian Rahmola mengatakan, nota kesepahaman ini memuat 5 point yang telah ditanda tangani oleh Ketua KPU Kabupaten Gorut Fadliyanto Koem, Ketua KPU Kabupaten Bolmut Faisal Husin, pejabat mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorut Saleh Djafar dan pejabat mewakili Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bolmut Abdul Hamid Korompot. Adapun isi dari nota kesepahaman tersebut antara lain, pemilih yang terdaftar didalam formulir A.KWK tetapi yang bersangkutan memiliki KTP Elektronik (KTP-el)bukan dari daerah tersebut, maka harus dicoret dalam A.KWK.

Point lainnya kata Sophian, pemilih yang memiliki tempat tinggal diwilayah Bolmut Provinsi Sulut tetapi alamat yang terdapat dalam KTP-el adalah alamat Kabupaten Gorut Provinsi Gorontalo, maka yang bersangkutan didata sesuai dengan alamat KTP-el. Hal ini berlaku sebaliknya.

“Ada pula point yang mengatur soal pelaksanaan coklit, bunyinya, Coklit pemutakhiran data pemilih tidak boleh melewati wilayah administratif masing–masing kabupaten, dalam hal ini A.A 2-KWK untuk Kabupaten Bolmut, tidak bisa memasuki wilayah Kabupaten Gorut, begitu juga sebaliknya,” kata Sophian.

Point terakhir dalam nota kesepahaman tersebut, pemilih yang memiliki KTP-el Gorut yang berdomisili di Kabupaten Bolmut atau sebaliknya, yang akan menggunakan hak pilih yang tidak sesuai dengan data pemilih, yang tertera pada pada alamat KTP-el harus mengurus dan memiliki surat pindah domisili tetap dari Disdukcapil.

Sophian juga menambahkan bahwa, dari pelaksanaan coklit selama ini, diperoleh 52 pemilih Gorut yang ber-KTP-el Gorut dan tinggal di Kabupaten Bolmut. “52 pemilih dicoret dari daftar pemilih Bolmut,” ungkap Sophian.(ms)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top