alterntif text
News

Komisioner KPU Kota Gorontalo Terancam Jeratan Pidana

yakop mahmud (kanan) saat memberikan keterangan pers. foto: arlank

GORONTALO,- Tim Kuasa Hukum ADHA-CBD kembali melayangkan gugatan ke Panwaslu Kota Gorontalo terkait keputusan KPU yang meloloskan pasangan Marten Taha – Ryan Kono sebagai calon walikota dan Wakil Walikota Gorontalo.

Kuasa Hukum ADHA-CBD. Yakop Mahmud yang ditemui usai memasukkan gugatan ke Panwas, Rabu (14/2), mengatakan bahwa gugatan yang mereka masukkan ke Panwas itu terkait tindak pelanggaran yang dilakukan oleh para Komisioner KPU Kota Gorontalo, dimana para Komisioner KPU Kota Gorontalo tidak menaati rekomendasi dari Panwas Kota Gorontalo yang dilayangkan ke KPU Kota Gorontalo pada 11 Februari lalu.

“Rekomendasi (Panwas) tersebut memuat tentang adanya pelanggaran administrasi terhadap dokumen yang diterima pada tanggal 26 Januari, sehingga KPU harus menjalankan aturan sesuai perundang-undangan,” kata Yakop.

Lebih lanjut, Yakop menjelaskan bahwa, didalam peraturan perundang-undangan nomor 10 tahun 2016 pasal 10 huruf b1 menyebutkan bahwa KPU wajib menjalankan rekomendasi panwas.

Selain itu, kata Yakop, jika KPU tidak menaati rekomendasi panwas atau melanggar peraturan perundang-undangan nomor 10 pasal 10 tersebut, maka ada konsekuensi pidana. “Ada konsekuensi pidana disitu, di pasal 180 ayat 2, barang siapa secara melawan hukum karena jabatannya itu kemudian meloloskan orang atau pasangan calon walikota atau wakil walikota, diancam dengan pidana minimal 36 bulan,” tegas Yakop.

Dalam aturan itu juga, selain diancam dengan jeratan pidana, pihak Komisioner KPU juga akan dikenai dengan denda minimal 36 juta rupiah.

Yakop berharap gugatan yang mereka masukkan ke Panwas Kota Gorontalo tersebut segera ditindak lanjuti, dan para Komisioner KPU Kota Gorontalo yang telah melakukan pelanggaran dengan tidak menaati rekomendasi Panwas agar segera dipecat dan dikenakan sanksi pidana sesuai dengan aturan yang berlaku.(red)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top