alterntif text
Rilis

Ini Batas Jumlah Dana Kampanye Tiap Paslon di Pilkada Gorut

GORUT,- Hingga saat ini belum ada kesepakatan antara pasangan calon terkait dengan batas maksimal dana kampanye yang akan digunakan. Meski demikian, pihak KPU Gorontalo Utara telah menetapkan rentang nilai dana yang akan digunakan oleh para pasangan calon di Pilkada Gorontalo Utara tahun ini.

Ketua KPU Gorontalo Utara Fadliyanto Koem menjelaskan bahwa untuk batasan dana kampanye rentangnya antara 4 hingga 6 milyar rupiah, “Kesepakatan antara pasangan calon terkait dengan berapa maksimal dan minimalnya itu belum disepakati bersama” ungkapnya.

Terkait pengelolaan dana kampanye tersebut, kata Fadliyanto akan menggunakan aplikasi yang khusus diperuntukaan dalam pengelolaan dana kampanye, “Dan untuk hal tersebut KPU telah melaksanakan bimtek pengelolaan dana kampanye kepada operator pengelola dana kampanye dan LO mereka” jelasnya.

Ada tiga jenis laporan dana kampanye yang harus dibuat oleh masing-masing pasangan calon. Mulai dari laporan dana awal kapampanye (LDAK) kemudian laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

“Semuanya akan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang penetapannya akan dilakukan oleh KPU Kabupaten Gorut” tegasnya.

Nantinya dari hadil audit tersebut akan diketahui mana yang patuh dan mana yang tidak patuh. “Pastinya KPU tetap akan memberikan catatan terhadap pasangan calon yang penggunaan dana kampanye mereka yang melebihi ataupun kurang dari range tersebut” ujar Fadliyanto.

Kedepan KPU Kabupaten Gorut akan menunggu laporan dana awal kampanye dari masing-masing pasangan calon hingga tanggal 14 Februari “Semuanya ada 5 jenis mulai dari LDAK 1 hingga LDAK 5 baik dalam bentuk soft kopi maupun hard kopi bersama lampirannya” pungkasnya.(ms)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top