alterntif text
Ragam

10 Kopi Khas Nusantara yang Paling Banyak Digemari

REPUBLIKPOS.COM,- Kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh banyak kalangan dan sudah terkenal sejak nenek moyang terdahulu. Kopi juga dapat digunakan sebagai warisan dan simbol keunikan dari suatu wilayah karna memiliki cita rasa yang unik ataupun sejarahnya yang unik pula. Bahkan untuk menikmati kopi, banyak orang memiliki cara tersendiri untuk menikmati minuman yang satu ini.

Bagi para pecinta kopi di tanah air, mereka akan melakukan apa saja demi menikmati sensasi dari berbagai macam kopi khas nusantara. Bahkan ada yang rela pergi jauh jauh dan melalui medan menanjak seperti pegunungan ataupun perbukitan, hanya untuk berburu kopi.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia punya suatu keunikan dari berbagai sudut pandang, mulai dari budaya, alamnya hingga rempah rempah yang dapat menghasilkan suatu sensasi tersendiri bagi lidah setiap orang. Termasuk kopi.

Diberbagai daerah jenis minuman yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri, racikan warisan para leluhur dan merupakan salah simbol keunikan yang bisa ditemui di berbagai wilayah. Ada yang teksturnya lembut serta bewarna hitam kental ada juga yang bewarna coklat, membuat para pencinta kopi terlihat elegan dan menawan saat meminumnya.

Tak heran jika banyak kalangan atas maupun kalangan bawah, dari anak kecil berseragam merah putih sampai kakek nenek pun dapat merasakan sensasi dari setiap jenis kopi, dan pada saat diseduh aromanya dapat membuat para pecinta kopi tak sabar ingin meminumnya.

Nah pad artikel kali ini, kami akan menyajikan 10 jenis kopi khas Nusantara yang saat ini menjadi idaman para pencinta kopi.

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan jenis kopi Arabika yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Kopi ini di produksi di daerah aceh tengah tepatnya di dataran tinggi gayo.

Di daratan tinggi gayo inilah pusat perkebunan dan produksi kopi terbaik di dunia di hasilkan. Menurut kajian internasional, kopi arabika gayo mempunyai rasa paling khas dan disukai dibandingkan kopi arabika yang di tanam di tempat lain. Kopi gayo mempunyai cita rasa yang tinggi yaitu dengan aroma yang nikmat serta khas, tingkat keasaman yang lebih rendah dan memiliki kepahitan yang kuat.

Dengan berbagai kenikmatan dan aroma yang khas oleh kopi arabika gayo, dunia internasioal menganugrahi Fair Trade Certified™ sebagai bentuk apresiasi untuk kopi arabika gayo sebagai kopi terbaik didunia. Kopi arabika gayo sekarang sudah di ekspor ke berbagai negara seperti kawasan asia, Amerika dan Eropa.

Sebagai salah satu komoditi yang menjajikan sebagai salah satu pemasukan negara.

Nah, sebagai warga indonesia yang baik tentu menjadi keharusan untuk mensupport para petani kopi ini agar terus menhasilkan biji-biji kopi terbaik dunia.

2. Kopi Toraja

image source


Kopi Toraja dihasilkan dari daerah Sulawesi Selatan di pegunungan Toraja. Pegunungan Toraja memang sangat istimewa tanah tumbuh subur. Buktinya dua jenis kopi terbaik dunia bisa dihasilkan sekaligus yaitu Kopi Arabika Toraja dan Kopi Arabika Robusta. Perbedaan 2 jenis kopi toraja ini terdapat pada kafein yang di hasilkan pada setiap jenis kopi toraja. Kopi ini sama-sama mempunyai tingkat keasaman yang tinggi.

Cita rasanya yang memiliki unsur tanah, unik serta khas menjadi ciri utama kopi toraja ini.

Kamu akan terkejut saat pertama kali mencobanya. Lidahmu akan merasakan rasa pahit yang menghilang sesaat yang tidak menyisakan bekas rasa pahit di lidah. Rasa inilah yang digemari para penikmat kopi nusantara dan mancanegara.

3. Kopi Kintamani

imagesource


Selain pesona wisata yang sangat terkenal di dunia. Bali juga mempunyai permata yang tersembunyi yaitu penghasil kopi terbaik di dunia.

Di daerah kintamani Bali mempunyai kopi yang memiliki ciri khas yang beda dari yang lain. Kopi disini bercita rasa bercampur dengan rasa buah yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Bercita rasa keasaman bercampur dengan rasa segar cita rasa yang unik. Hal itu di sebabkan oleh sistem penanaman biji kopi yang bercampur dengan beraneka ragam sayuran atau yang biasa disebut dengan sistem tumpang sari.

Kalo kamu suka dengan aroma kopi yang segar dan asam, kamu bisa mencoba Kopi Kintamani ini sebagai alternatif yang pas untuk menemani harimu.

4. Kopi Flores

imagesource


Banyak kita ketahui bahwa flores memiliki keindahannya yang menawan untuk mengunjunginya.

Selain memiliki keindahan alamnya, flores juga memiliki kopi khas flores yang terdapat pada dataran ngada di Nusa Tenggara Timur. Daerah flores ini juga menyumbang akan kopi terbaik nusantara yang di kenal dunia. Kopi di flores tumbuh subur karena adanya abu vulkanik dari gunung berapi.

Jenis kopi arabica merupakan jenis kopi flores. Beraroma buah dan ada tambahan tembakau setelah meminumnya. Kamu akan terkesan setelah meminum kopi ini.

5. Kopi Jawa

imagesource


Kopi Jawa mulai dikenal dunia sejak abad ke 17. Saat itu belanda memulai menanam biji Kopi Jawa di tanah Jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Walaupun jenis-Jenis kopi sudah banyak tetapi Kopi Jawa masih menjadi pilihan utama buat para petinggi Belanda.

Kopi ini beraroma tipis rempah-rempah. Melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Di pegunungan Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur inilah Kopi Jawa Arabika berkualitas dunia dihasilkan sempurna untuk pecinta kopi sejati.

6. Kopi Lanang

imagesource


Terciptanya kata Kopi Lanang yaitu karena pada biji Kopi Lanang ini berbentuk bulat, tunggal serta tidak adanya belahan tengah seperti pada biji kopi pada umumnya.

Kata “lanang” merupakan istilah bahasa Jawa untuk menandakan bahwa itu “laki-laki.” Dan memang betul bahwa kopi ini salah satu manfaatnya dalah menambah vitalitas pria. Tak heran jika kopi ini harganya lebih mahal dari kopi lainnya.

Kopi jenis ini bisa menghasilkan kopi lanang robusta dan kopi lanang arabika. Kopi ini sangat populer di jaman pemerintahan Belanda.

Kamu wajib mencicipi kopi lanang ini untuk mencoba khasiatnya.

7. Kopi Luwak

Ketika kita membahas tentang kopi di nusantara belum lengkap rasanya kalo belum kenal kopi yang satu ini. Kopi ini menjadi incaran para pecinta kopi di seluruh dunia. Produksi yang sangat terbatas menjadikan kopi ini langka dan sangat mahal untuk mencicipi secangkir kopi luwak ini.

Kopi luwak dihasilkan dari proses yang unik.

Sejarahnya terciptanya kopi luwak ini yaitu pada Zaman belanda para petani tidak di perbolehkan mencicipi kopi yang telah di tanamnya. Suatu ketika para petani melihat luwak atau musang ini memakan biji kopi. Ternyata luwak ini tidak bisa mencerna biji kopi yang di makannya. Dilihat dari hasil kotorannya yang masih menyisakan biji kopi yang ditanamnya.

Para petani yang penasaran ingin merasakan kopi, merebus biji kopi tersebut dan ternyata menghasilkan sajian kopi yang bercita rasa tinggi hingga saat ini.

Kopi luwak menjadi kopi terbaik dan termahal di dunia saat ini dan tentunya asli produk indonesia.

8. Kopi Wamena

Abraham, a coffee farmer, picks up Arabica coffee fruit in the Wouma village near Indonesia’s Papua province July 14, 2009. Wamena has an ideal condition for Arabica production. REUTERS/Oka Barta Daud (INDONESIA AGRICULTURE SOCIETY)


Kopi jenis ini tumbuh subur di wilayah Pegunungan Wamena dan menjadi salah satu penghasil kopi Indonesia. Memiliki aroma yang ringan dan mempunyai ciri khas harum disetiap biji kopinya adalah karakter kopi yang satu ini.

Salah satu kelebihan dari kopi ini adalah dimana para petani kopi di wamena masih menggunakan bahan-bahan organik untuk tanaman biji kopi mereka. Jadi rasa kopi tersebut lebih orisinil, ringan tampa ampas, harum dan tidak meninggalkan rasa asam di lidah.

Sayangnya Kopi Wamena masih tergolong susah ditemukan karena terkendala dalam proses distribusi.

9. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang menjadi kopi terbaik di indonesia selanjutnya yaitu dengan cita rasa yang mantap. Kopi ini sangat digemari para pecinta kopi sejati baik dari nusantara ataupun dari manca negara.

Karena kualitasnya yang tinggi kopi sidikalang ini menjadi pesaing utama dari kopi brazil. Kopi ini mempunyai tekstur yang paling halus diantara jenis kopi dunia. Kopi Sidikalang menjadi pilihan terbaik saat menemani soremu. Jenis kopi ini sangat mudah kamu temui di berbagai tempat di Indonesia.

10. Kopi Pinogu

Kopi Pinogu adalah salah satu kopi organik yang menjadi produk unggulan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Sesuai dengan namanya, kopi ini berasal dari wilayah Kecamatan Pinogu yang merupakan sebuah kawasan yang terletak di wilayah dataran tinggi di Bone Bolango yang terkenal dengan medannya yang sulit.

Kopi ini berasal dari campuran kopi robusta dan kopi liberika. Kopi Pinogu ditanam sejak tahun 1875, dan merupakan kopi favorit Ratu Wilhelmina saat itu.

Kopi Pinogu memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan kopi-kopi dari daerah lain. Salah satunya karena dalam proses penanamannya, kopi ini belum pernah tersentuh dengan zat-zat kimia seperti pestisida, herbisida maupun pupuk kimia.

Kopi Pinogu saat ini tengah gencar dipromosikan ke luar daerah hingga mancanegara.

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top