alterntif text
Daerah

Jadi Lawan Bupati Indra di Pilkada. Sekda Harus Buru Ijin Bupati Sebelum Cuti

Sekda Ismail
sekda kabupate gorontalo utara ismail patamani. dok. humas

GORUT,- Proses ijin pensiun sekda Ir. Ismail Patamani di Pilkada harus memburu waktu. Pasalnya tanggal deadline waktu untuk itu sudah ditentukan, sebelum ijin cuti Bupati Indra Yasin keluar. Sebab jika itu sudah, maka kewenangan Bupati, menandatangani surat pensiun Sekda sebagai PPK (Pejabat Pimpinan Kepegawaian) sudah tidak dibolehkan lagi. Bahasa pensiun Sekda dalam bahasa kepegawaian adalah pensiun APS (Atas Persetujuan Sendiri).

Kini proses itu sementara berproses di BKD, dan saat ini tinggal menunggu ditandatangani Bupati untuk dilanjutkan ke pihak Kemendagri.
Kepala BKD Gorut Tahir Datau saat ditemui membenarkan hal tersebut. “Pengajuannya sudah, tertanggal 9 Januari kemarin. Dan kini tinggal ditandatangani Bupati, ” jelas Tahir.

Disisi lain Bupati Indra Yasin sangat hati hati akan hal tersebut. Sebab kekhawatiran akan aturan yang 6 bulan tidak bisa melakukan apa apa juga menjadi bahan pemikiran beliau. “Saya belum menandatangani apa apa, sampai detik ini, karena masih menunggu proses pula dari BKD, hingga bagaimana mekanismenya, soal boleh tidaknya” urai Indra Yasin saat ditemui di test kesehatan Paslon.

BKD sendiri mengatakan, sepanjang itu sudah disetujui Mendagri maka aman. “Batas 14 hari kerja, masa Bupati memproses ini sebelum diajukan ke pihak Kemendagri. Dan wajar kalau Bupati hati-hati. Jangan sampai beliau yang kena,” jelas Tahir Datau.

Dari penjelasan panjang pihak BKD ini akan berproses lebih lama. Pasalnya usai dari Kemendagri, surat pengajuan pensiun APS itu masih akan berputar ke Provinsi, dalam hal ini Gubernur, untuk kemudian diteruskan ke Bupati untuk diproses lebih lanjut, pemberhentian seseorang sebagai ASN dinamakan Pensiun APS.

Namun sekali lagi, proses demi proses itu sebelum ijin cuti Bupati keluar tanggal 13 Februari nanti dimana saat itu Ijin Cuti Pilkada Bupati keluar tanggal 12 Februari penetapan beliau sebagai calon bupati di Pilkada tahun ini. Jika menilik waktu yang ada semua itu tinggal menyisakan waktu sebulan lebih sedikit dari sekarang, karena surat itu sudah diproses BKD tanggal 9 Januari kemarin. Plus 5 hari proses itu diinternal BKD yang katanya sudah siap disodorkan ke Bupati, maka mulai dari tanggal hari ini (kemarin-red) 15 Januari hingga 12 Februari maka waktu yang tersisa tinggal 28 hari waktu ijin Sekda mundur dari PNS.(ed)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top