alterntif text
Daerah

Tawarkan Program Keagamaan, Pasangan IMSAK Janji Berantas Buta Huruf Al-Qur’an

GORUT,- Tingginya tingkat buta huruf Al-Qur’an di Gorontalo Utara (Gorut), menjadi perhatian khusus dari calon wakil Bupati Gorontalo Utara dari Partai Golkar, Suhela Rakhmad. Menurut satu-satunya srikandi di Pilkada Gorontalo Utara kali ini, dari data yang dia peroleh, ada sekitar 60 persen masyarakat Gorontalo Utara masih buta huruf Al-Qur’an.

“Sungguh sangat mengejutkan dan perlu dibahas dalam penyusunan program pemerintah daerah di tingkat Kabupaten/Kota bahkan Kecamatan,” ujar Suhelah.

Menurutnya, harus ada usaha pengentasan buta huruf Al-Qur’an yang dilakukan secara massif dengan kerjasama organisasi dakwah serta takmir masjid yang ada di masing-masing desa.

“Ini juga menjadi pertimbangan dalam membuat program Paket IMSAK di wilayah kabupaten Gorut,” ucapnya.

Suhelah juga menilai, untuk mengatasi hal itu diperlukan kesadaran masyarakat. Pemerintah, kata dia, bukan hanya sebatas memfasilitasi. Sebab, membaca Alquran tidak seperti ibadah besar semisal haji, yang penyelenggaraannya wajib dan rutin.

Suhelah mengatakan, salah satu cara dari Paket IMSAK untuk meningkatkan tingkat melek Al’Qur’an adalah pencanangan program Gerakan Masyarakat Mengaji. Program tersebut terinspirasi dari budaya sebagian besar masyarakat muslim di Indonesia tempo dulu, yang kerap melakukan amalan tadarus Al-Quran tiap bada shalat Maghrib.

Harapannya, masyarakat akan kembali terbiasa dengan budaya membaca Al-Quran tiap sesudah melaksanakan shalat. Ini dilakukan baik di masjid, rumah, sekolah, maupun kantor instansi swasta atau pemerintah. “Program ini akan kami laksanakan jika terpilih nanti. Jadi, bukan seremonial,” pungkas Suhelah.(ms)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top