alterntif text
Business

Lalu Lintas Layanan Data Telkomsel Naik 42 Persen di Natal dan Tahun Baru

Seorang petugas sedang bersiaga memastikan performansi layanan di Integrated Operation Center (IOC) Telkomsel, Jakarta.

GORONTALO,– Lalu lintas komunikasi dan layanan data Telkomsel mengalami kenaikan signifikan hingga 42 persen selama Hari Raya Natal hingga Tahun Baru.

Trafik layanan data atau payload Telkomsel mencapai 10,7 petabyte atau meningkat 42 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal sebesar 7,5 petabyte per hari. Dibandingkan dengan periode tahun lalu, trafik layanan data kali ini melonjak 151 persen.

Jawa Tengah dan Yogyakarta adalah 2 daerah yang mengalami kenaikan trafik tertinggi mencapai 56 persen dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat 51 persen dan Sulawesi 50 persen.

“Peningkatan ini dipicu oleh aktivitas mengunggah foto atau video melalui berbagai aplikasi media sosial. Selain itu, penggunaan smartphone dan komputer tablet untuk melakukan video streaming dan komunikasi melalui aplikasi pesan instan juga meningkat pada periode tersebut,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, Rabu (3/1/2018).

Kontribusi tertinggi berasal dari media sosial yang mencapai 35 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 31 persen.

Pesan singkat dan panggilan suara serta video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil 8 persen.

Sementara itu, penurunan trafik terjadi untuk layanan suara dan SMS. Trafik layanan suara trun 6 persen menjadi 1,3 miliar menit, sementara trafik layanan SMS menurun 5 persen menjadi 659 juta SMS.

Papua dan Maluku menjadi regional yang mengalami kenaikan trafik layanan suara tertinggi dengan peningkatan sekitar 7 persen. Sementara itu, wilayah dengan kenaikan trafik layanan SMS tertinggi adalah Kalimantan dengan peningkatan sekitar 22 persen.

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top