alterntif text
Daerah

Banjir Rendam Ratusan Rumah Warga 4 Desa di Kabupaten Gorontalo

salah seorang pedagang di desa isimu tetap berjualan meski kiosnya teredam banjir. foto: epox

LIMBOTO,- Hujan yang seharian menguyur kabupaten Gorontalo, Sabtu (20/1) mengakibatkan ratusan rumah warga di sejumlah desa di Kecamatan Tibawa terendam banjir.

Desa yang terkena bencana banjir diantaranya, Desa Isimu Raya, Desa Datahu, Desa Botumoputi dan desa Tolotio dengan ketinggian air berkisar 120 cm. Kondisi banjir terparah dialami oleh warga di Desa Isimu Raya dan Desa Datahu. Menurut pengakuan warga, bajir disebabkan karena meluapnya air dari Sungai Alo dan Sungai Molalahu.

Terpantau pukul 1 Minggu (21/1) dini hari tadi air masih menggenangi rumah warga. Sejumlah personil BNPB, Basarnas, TNI, Polri dan Dinas Sosial dikerahkan untuk mengefakuasi masyakarat yang terjebak bajir.

Nonce suleman warga Desa Datahu menuturkan, bajir memang sering terjadi jika curah hujan cukup tinggi. “Ini banjir terparah pak selama terjadi banjir di desa kami. Kami butuh penanganan cepat jika terjadi banjir seperti ini, seperti dapur umum dan obat obatan serta penanganan anak-anak kecil”. Ungkapnya

Sementara itu, Kepala Dinas BNPB Kabupaten Gorontalo Husni Deka mengatakan, laporan sementara dari BNPB sekitar 450 rumah warga di Desa Datahu yang terkena dampak bencana banjir. Sementara di desa Isimu Raya ada 250 rumah warga yang teredam banjir.

Sementara terkait kerusakan dan kerugian yang dialami warga belum dapat dipastikan. “Secepatnya akan melakukan pendataan berapa kerusakam dan kerugian masyarakat” tandas Husni.(em)

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top