Daerah

Petani Gentuma Keluhkan Sulitnya Dapat Pupuk

pupuk bersubsidi

GORUT,- Sejumlah petani di Kecamatan Gentuma mengalami kesulitan mendapatkan pupuk. Hal ini dikeluhkan para petani ke salah satu anggota legislatif Gorontalo Utara beberapa waktu lalu.

“Mereka (petani) di Desa Durian dan Desa Gentuma mengeluhkan hal itu kepada kami,” ujar Suwitno Lasimpala.

Aspirasi para petani ini didapat saat dirinya melakukan kegiatan untuk bertatap muka dengan masyarakat di Desa Durian dan Desa Gentuma untuk menggali aspirasi masyarakat.

“Mereka mengaku jika pupuk yang ada di agen atau penyalur persediaannya kurang sehingga jumlah pupuk yang diperoleh tidak sesuai lagi dengan luasan lahan” ungkapnya.

Kondisi di lapangan ternyata agen atau penyalur yang ada diduga menjual pupuk kepada orang lain yang tidak masuk dalam RDKK. “Harusnya penjualan pupuk bersubsidi tersebut dilakukan kepada para petani yang masuk dalam RDKK. Pasalnya jumlah pupuk yang masuk ke agen untuk pupuk bersubsidi berdasarkan jumlah petani yang ada dalam RDKK” jelas aleg Gerindra tersebut.

Sehingganya dugaan praktek tersebut sangat merugikan masyarakat petani. Dan para petani juga kata Suwitno dalam menyampaikan aspirasi tersebut telah mengumpulkan bukti atas dugaan tersebut “Dan beberapa waktu lalu juga sempat dibawah ke pihak-pihak berwenang untuk diproses” tegasnya.

Persoalan ini kata Suwitno diharapkan untuk menjadi perhatian bersama, dan masyarakat petani yang ada di desa tersebut menginginkan agar agen atau penyalur nakal dapat diberikan sanksi tegas “Bila perlu sanksinya pencabutan izin agar ada efek jera yang terjadi” tandasnya.(ms)

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top