Nasional

Jokowi Tunggu Realisasi ICMI Soal Konsep Ekonomi Pancasila

Jokowi dan Habibie

BOGOR,- Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Winarni Monoarfa yang juga adalah Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Provinsi Gorontalo, Jum’at (8/12) menghadiri Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ICMI di Istana Kepresidenan, Bogor.

Kegiatan yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo tersebut, dihadiri oleh seluruh ketua ICMI dan para tokoh serta anggota ICMI se-Indonesia.
Presiden Joko Widodo saat membuka kegiatan tersebut berterima kasih atas masukan Ketua Dewan Kehormatan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) BJ Habibie, mengenai konsep ekonomi pasar Pancasila.

Jokowi mengungkapkan menunggu langkah nyata dari ICMI mengenai konsep tersebut agar bisa diimplementasikan pada sistem perekonomian Indonesia.

“Saya sekali lagi menunggu hasil dari ekonomi pasar Pancasila tadi yang disampaikan oleh beliau (BJ Habibie),” ujar Jokowi dalam Silaknas ICMI di Istana Kepresidenan, Jumat (8/12).

Jokowi menuturkan, selama ini kontribusi ICMI selama nyata sangat dirasakan masyarakat. Terlebih ICMI diisi oleh orang-orang hebat, cerdik, dan cendikiawan. Untuk itu dia berharap agar ICMI bisa ikut serta merumuskan berbagai persoalan negara termasuk dalam bidang perekonomian.

“Kita sangat berharap sekali pada ICMI memberikan pemikiran-pemikiran besar,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan ICMI BJ Habibie meminta peran ICMI dan pemerintah agar mampu mengembalikan Pancasila sebagai pandangan hidup dan bisa diakumulasikan dalam kehidupan bermasyarakat melalui pembangunan yang pro-rakyat atau ekonomi pasar Pancasila.

Prof Winarni bersama Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie usai kegiatan Silaknas ICMI di Istana Kepresidenan, Bogor.

Sementara itu, Ketua Umum ICMI Jimly Asshidiqie menuturkan, implementasi Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting. Khususnya untuk sektor ekonomi yang bisa dirasakan oleh semua kalangan masyarakat. Istilah membangun pasar ekonomi Pancasila pun menjadi penting karena konsep ini sesuai dengan dasar negara.

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top