Daerah

DAK Jadi Acuan Jumlah Kursi di DPRD

kursi di dpr ri
foto ruang sidang dpr.(imagesource)

GORUT,- Rencananya Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 17 Desember mendatang akan mengeluarkan Daftar Agregat per Kecamatan (DAK). Daftar tersebut selanjutnya akan disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Muardi U Nusa, DAK tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi setiap daerah dalam penentuan jumlah kursi legislatif pada pemilihan nanti. “DAK tersebut akan memuat jumlah penduduk yang ada disetiap daerah yang nantinya akan menjadi acuan dalam penentuan jumlah kursi” ungkap Muardi.

Setelah disampaikan oleh Kemendagri ke KPU RI, DAK tersebut selanjutnya secara berjenjang akan diteruskan ke KPU Provinsi dan selanjutnya akan diteruskan lagi ke KPU Kabupaten/Kota.

“Kita di KPU Kabupaten Gorut akan menunggu DAK tersebut untuk selanjutnya tentu akan ditindaklanjuti sebagaimana yang diamanatkan” ujarnya.

Untuk Kabupaten Gorut sendiri kata Muardi kemungkinan jumlah kursi tidak akan mengalami perubahan atau masih tetap 25 kursi. Lebih lanjut dikatakan bahwa tahapan selanjutnya pada Januari 2018 KPU Kabupaten Gorut akan memasukan usulan ke KPU RI terhadap jumlah kursi untuk masing-masing daerah pemilihan.

“Pengusulan jumlah kursi dapil ini nanti pada Januari akan dimasukan ke KPU pudat. Karena untuk berapa jumlahnya itu merupakan kewenangan mereka” tandasnya.(MS)

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top