Daerah

2 Parpol di Gorut Tidak Penuhi Syarat Dukungan

IMG-20171202-WA0000
KPU Kabupaten Gorut menyerahkan hasil verifikasi administrasi kepada masing-masing Parpol yang mendaftar sejak tanggal 21-22 November 2017 yang disaksikan langsung oleh Ketua Panwas Kabupaten Gorut.

GORUT,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) telah selesai melaksanakan penelitian terhadap berkas administrasi persyaratan calon peserta pemilu 2019 untuk 3 partai politik (Parpol) yang memasukan berkas hingga 22 November kemarin sebagaimana edaran dari Bawaslu RI.

Menurut anggota Komisioner KPU Kabupaten Gorut, Moh. Gandhi A. Tapu, 3 Parpol yang memasukan administrasi persyaratan calon peserta pemilu yakni PKPI, PBB dan Partai Republik. “Berkas administrasi yang mereka masukan tersebut kemudian dilakukan penelitan administrasinya oleh petugas” ungkap Gandhi.

Dan dari hasil penelitian administrasi tersebut, dari 3 parpol ini kata Gandhi hanya PBB saja yang memenuhi syarat dari sisi kelengkapan administrasi dukungan sebagaimana yang dipersyaratkan yakni batas minimal 124 dukungan.

“Untuk 3 parpol ini telah memasukan syarat dukungan yakni untuk PKPI memasukan 159 Kartu Tanda Anggota (KTA), Partai Republik memasukan 127 KTA dan PBB 135 KTA” ujarnya.

Untuk PKPI kata Gandhi, dari 159 KTA yang dimasukan hanya 103 saja yang memenuhi syarat, sementara untuk 56 syarat dukungan lainnya tidak memenuhi syarat, “Dari 56 jumlah KTA tersebut 40 diantaranya berpotensi kegandaan dalam satu parti. Dalam artian, 40 nama tersebut penulisannya ganda atau terulang lebih dari satu kali. Sementara untuk 3 lainnya berpotensi kegandaan antar partai. Selain itu juga untuk 13 lainnya untuk salinan KTA dan KTP Elektronik tidak sesuai dengan data yang ada di SIPOL” jelasnya.

Sementara itu itu untuk Partai Republik kata Gandhi, mereka memasukan daftar keanggotaan sebanyak 127. Dari 127 tersebut lanjutnya, hanya ada 64 saja yang memenuhi syarat sementara 63 lainnya tidak memenuhi syarat. “Dari 63 yang tidak memenuhi syarat tersebut, 28 anggota berpotensi kegandaan antar partai. 35 salinan KTA dan KTP Elektronik tidak bersesuaian datanya dengan yang ada di SIPOL” tegas Gandhi.

Lebih lanjut kata Gandhi, untuk PBB sendiri mereka memasukan 135 dukungan dan yang memenuhi syarat 127. “Dengan demikian dukungan tersebut masih memenuhi syarat jumlah dukungan minimal yakni 124” ujarnya.

Untuk tahapan selanjutnya, PKPI dan Partai Republik diberikan kesempatan untuk memperbaiki jumlah dukungan tersebut. “Berkasnya telah dikembalikan oleh KPU ke masing-masing partai. Dan sesuai dengan jadwal tahapan untuk perbaikan berkas dukungan dimulai dari 2-15 Desember. Jadi baik PKPI maupun Partai Republik masih banyak waktu untuk memperbaiki atau memasukan jumlah dukungan yang dimaksud” tandasnya.

PENULIS: Matris Salim

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top