Daerah

Pemilih Pemula Harapan Perubahan

pemilih pemula
pemilih pemula. (foto:ilustrasi)

GORUT,- Pilkada Gorontalo Utara (gorut) kurang dari delapan bulan lagi. Para bakal calon yang akan meramaikan pesta demokrasi untuk maju menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Gorut semakin ramai diperbincangkan, termasuk juga strategi memetakan kantong/basis suara dalam Pilkada 2018 nanti.

Anggota KPU Gorut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembamgan SDM Moh. Gandhi A. Tapu saat diwawancarai Republikpos terkait dengan antuasiasnya pemilih dalam menyambut Pilkada Gorut 2018 mengatakan dengan adanya kegiatan pendidikan pemilih dan sosialisasi kepada pemilih pemula dan masyarakat umum di Gorut diharapkan dapat memotivasi dan meningkatkan kesadaran warga dalam menggunakan hak pilihnya. Bahkan menurut dia semangat untuk berpartisipasi dalam Pilkada Gorut 2018 harus menjadi gerakan bersama terutama mengajak dan mendorang semangat pemilih pemula yg basisnya lebih banyak siswa kelas 11 dan 12 sekolah menengah atas untuk menggunakan hak pilihnya.

Menurutnya kalau ingin pesta demokrasi di Gorontalo Utara ini sukses maka ada beberapa hal penting yang harus dilakukan antara lain adalah, pertama harus disadari peningkatan partisipasi pemilih menjadi tanggung jawab bersama kerena peningkatan presentase pengguna hak pilih secara otomatis memberi kontribusi besar pada kualitas pemimpin yang akan dilahirkan nanti melalui Pilkada serentak.

“Penting untuk memastikan bahwa hak memilih harus menjadi kebutuhan warga, karena disadari menjadi penentu masa depan daerah setiap siklus kepemimpinan 5 tahun” ujar Gandhi.

Dalam setiap pertemuannya dengan para pemilih pemula, kata Ghandi, dirinya selalu menekankan agar pemilih pemula tidak golput, sebab suara mereka merupakan harapan besar masa depan mereka. Ia juga tidak ingin pemilih pemula berpikir apatis bahwa suara yang mereka berikan tidak akan berarti apa-apa.

Menurutnya, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pemilu, adalah maksimalnya tingkat partisipasi. Sebab salah satu keberhasilan penyelenggaraan pemilu adalah kemampuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih khususnya pemilih pemula. (MS)

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top