Daerah

Memaknai Hari Pahlawan, Ini yang Disampaikan Indra Yasin

Hari Pahlawan-gorut
Bupati Dr. Indra Yasin, MH menjadi inspektur upacara pada upacara hari pahlawan 10 November di pelabuhan Kwandang, Jumat (10/11). foto: humas.

GORUT,– Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat itu sering terdengar di berbagai penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan. Namun bagaimanakah cara memaknaik kalimat yang diungkapkan Presiden Soekarno tersebut pada peringatan Hari Pahlawan 56 tahun silam?.

Pada peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun ini, Bupati Indra Yasin menyampaikan bahwa salah satu cara untuk mengimplementasikan apa yang disampaikan oleh Presiden pertama RI tersebut adalah dengan menjaga kedaulatan yang ada. Baik itu kedaulatan ekonomi, kedaulatan daerah, batas wilayah, dan nama baik bangsa di mata dunia.

“Kita harus tetap berdaulat di mata dunia internasional, dengan kedaulatan itu maka bangsa kita tidak akan dipandang sebelah mata oleh bangsa lain,” ujar Indra Yasin saat ditemui usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan, di Pelabuhan Kwandang, Jum’at (10/11).

Kedaulatan itu juga, kata Indra Yasin menambahkan, berlaku diseluruh wilayah Republik Indonesia. Untuk itu sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah serta rakyat di daerah untuk menjaga kedaulatan tersebut. “Kemerdekaan dan kedaulatan yang telah diraih oleh para pejuang pendahulu adalah hal mutlak untuk dipertahankan. Untuk itu kita harus bisa mandiri. Mandiri di berbagai bidang. Baik itu pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pangan.” tandasnya.

Untuk itu, Bupati Indra Yasin menghimbau kepada seluruh masyarakat di Gorontalo Utara, bersama dengan pemerintah daerah untuk berjuang mewujudkan Gorontalo Utara yang mandiri dan berkeadilan sosial. “Insya Allah, cita-cita ini akan terwujud, untuk itu dibutuhkan partisipasi semua elemen, baik itu aparat pemerintahan dan masyarakat,” pungkas Indra Yasin.

Sekedar informasi, upacara peringatan Hari Pahlawan di Gorontalo Utara, pelaksanaannya dipusatkan di Pelabuhan Kwandang, dengan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemkab Gorontalo Utara, unsur muspida, para veteran, anggota TNI dan Polri, dan para siswa. Pada upacara tersebut, Bupati Indra Yasin yang juga bertugas sebagai inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI. Usai upacara, Bupati Indra Yasin bersama unsur muspida menggelar larung bunga di perairan Ponelo.(hms)

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top