Daerah

KPU Siap Menyerahkan Hasil Penelitian Dokumen

Ketua KPUD Gorontalo Utara II

Pada 16 November, Parpol Diharapkan Hadir

GORUT,- Para Partai Politik (Parpol) yang menjadi calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang diharapkan untuk hadir pada tanggal 16 November mendatang di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Gorut, Fadliyanto Koem saat dihubungi semalam. “Kenapa demikian, karena pada tanggal 16 November tersebut, kami akan menyerahkan hasi penelitian administrasi yang telah dimasukan oleh Parpol beberapa waktu lalu sebagai syarat calon peserta Pemilu 2019 mendatang” ungkapnya.

Hasil penelitian tersebut tentunya telah melalui Rapat Pleno. Terkait dengan penetapan lolos tidaknya Parpol kata Fadliyanto, itu bukan kewenangan dari KPU Kabupaten Gorut.

“Kewenangan kami sebatas pada menetapkan apakah berkas administrasi yang dimasukan tersebut memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Untuk penetapan perbaikan itu kewenangannya ada di KPU RI” jelas Fadliyanto.

Seperti halnya kata Fadliyanto soal syarat dukungan jumlah keanggotaan Parpol untuk Kabupaten Gorut yakni 124 dukungan keanggotaan “Jika dukungan keanggotaan lebih dari 124 maka sudah tidak perlu diperbaiki lagi, namun jika kurang dari 124 maka akan diperbaiki” tegasnya.

Selain itu juga, Ketua KPU Kabupaten Gorut tersebut menerangkan bahwa pada tanggal 16 tersebut juga akan dilaksanakan sosialisasi terhadap tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) yakni tahapan calon perseorangan atau independen. “Olehnya kami berharap seluruh Parpol yang ada di Kabupaten Gorut untuk dapat hadir” ujar Fadliyanto.

Nantinya dalam sosialisasi tersebut akan dijelaskan semuanya termasuk juga didalamnya soal syarat dukungan dan juga sebaran dukungannya.(MS)

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top