Daerah

KPU Gorut Kembali Gelar Pendidikan Pemilih Pemula

Pendidikan Pemilih Pemula_Gorut

Langkah ini adalah salah satu upaya KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih

GORUT,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) terus melaksanakan program-program terkait upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Kali ini, KPUD Gorontalo Utara menggelar kegiatan pendidikan bagi pemilih pemula di SMK 1 Kelautan di Kecamatan Anggrek.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Gorut, Moh. Gandhi A. Tapu, pendidikan pemilih tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari “Pada Sabtu akhir pekan kemarin di buka dan berakhir pada hari Minggu kemarin siang hari” terangnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang siswa yang pada perhelatan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) 2018 nanti sudah dapat memilih atau menggunakan hak suaranya. Lebih lanjut, kata Gandhi, metode yang digunakan dalam pendidikan pemilih tersebut beragam dan disesuaikan dengan kondisi peserta yang masih usia sekolah. “Alhamdulillah, selama dua hari pelaksanaan kegiatan, tidak ada satu peserta pun yang meninggalkan lokasi kegiatan. Selain itu juga, selama proses penyajian materi juga diselingi dengan kegiatan ice break, permaian dan kerja kelompok. Sehingga suasana yang tercipta saat itu tidak monoton” ujarnya.

Materi yang disampaikan juga, kata Gandhi, adalah hal-hal yang berkaitan dengan kepemiluaan dan demokrasi. “Materi yang kami siapkan tentu harapannya untuk dipahami seperti pentingnya memilih, bagaimana sejarah kepemiluan yang ada di negara kita dan demokrasi di Indonesia” jelas Gandhi.

Selain itu juga para pemilih pemula tersebut diharapkan setelah mengikuti pendidikan pemilih dapat menjadi volounteer bagi pemilih lainnya disekitar lokasi tempat tinggalnya.

Untuk kegiatan kali ini, materi pendidikan pemilu disampaikan oleh 3 orang komisioner KPUD Gorut, yakni Moh. Gandhi A. Tapu, Fardan Labanga dan Sophian Rahmola.(MS)

EDITOR: M. Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top