Daerah

Komisi III Soroti Pelayanan Kesehatan di KMC

pelayan kesehata ilustrasi

GORUT,- Kesehatan merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Namun demikian, program unggulan tersebut dalam realisasi dilapangan berbanding terbalik. Olehnya Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorut, Lukum Diko berharap agar kedepan terhadap program kesehatan dalam prakteknya harus memperhatikan berbagai aspek untuk dipenuhi seperti halnya ketersediaan tenaga dokter dan juga ketersediaan obat-obatan.

Kepada RepublikPost, Lukum menegaskan bahwa pihaknya yakni Komisi III pada agenda turun lapangan Jumat pekan kemarin menemukan beberapa kondisi yang perlu untuk mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah daerah “Di Puskesmas Kwandang yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang ada di ibukota kabupaten yang menjadi harapan masyarakat, kami tidak menemui dokter yang sedang bertugas” ungkapnya.

Begitu juga dengan ketersediaan obat yang ada di Puskesmas Kwandang juga kosong. “Kami sempat menemui salah satu pasien yang harus pulang karena tidak tersedianya obat. Sehingga harus membeli obat diluar dan juga kondisinya sama kosong” terang Lukum.

Padahal kata Lukum, pasien tersebut memegang kartu BPJS, namun untuk memenuhi obat tidak bisa karena stok obat tidak ada di Puskesmas dan ketika mau membeli juga kosong. “Terhadap kondisi ini, kami akan mengundang Dinas Kesehatan untuk dapat menjelaskan kondisi yang terjadi sekaligus mengkonfirmasi apakah benar-benar stok obat kosong, atau anggaran untuk obat tidak ada atau tidak pernah dianggarkan sama sekali untuk pembelian obat” tegasnya.

Begitu juga terhadap tenaga doker yang tersedia juga kiranya mendapat perhatian yang serius dari pemerintah daerah. Untuk Puskesmas Kwandang dokter yang bertugas hanya satu saja “Dan itu juga dokter pribadinya Pak Wabup. Kedepan kami berharap hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi” tandasnya.(MS)

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top