Daerah

Jalan Menuju PAW 02 Kabgor Masih Panjang

Fadli-hasan
wakil bupati gorontalo fadli hasan. foto: Lucky.

LIMBOTO,- Kisruh soal pemakzulan Wakil Bupati Gorontalo memang masih bergulir hingga menunggu hasil akhirnya seperti apa. Namun ribut-ribut soal PAW (Pergantian Antar Waktu) diposisi Wakil Bupati sudah mulai mencuat lewat salah satu surat kabar lokal.

Meski demikian oleh sejumlah aktivis Kabupaten Gorontalo kiranya mimpi itu ditunda dulu. Selain proses itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Juga ada aturan mainnya yang diatur dalam UU. “Soal PAW ok. Tapi tunggu dulu. Itu masih akan melalui sebuah proses yang cukup panjang. Saya melihatnya begitu,” urai Rusdiyanto Tone.

Sebab proses PAW, ujar Rusdi bukan hanya cukup dikeputusan akhir DPR. Kata Rusdi, boleh saja DPR final_untuk pemakzulan yang sudah dilalui dalam hak angket. Namun soal PAW, disisi ini bisa diprediksi akan panjang. Itu dikarenakan nantinya keputusannya penuh pada Bupati. “Ya, Ada pasal yang mengatur soal itu.” tambah Rusdi.

Rusdiyanto Tone.

Kurang lebihnya kata Aktivis jebolan UG ini, bisa jadi akan dipilih siapa orang yang akan mendampingi Bupati_untuk selanjutnya_minimal ada 2 nama diusulkan Bupati ke DPR. Namun ada juga aturan yang memungkinkan Bupati tidak akan mengusulkan nama-nama itu.

“Selama Bupati mampu menjalankan tugas-tugas Wakil Bupati dalam pemerintahannya,” tukasnya.

Daerah ini sudah pernah melewati masa masa itu. Kita tentu ingat, bagaiamana Alm. Ahmad Pakaya menjalankan pemerintahannya sendiri dikala wakilnya Ismet Mile maju di Bone Bolango. Ada juga perjalanan Bupati David Bobihoe tunggal tanpa pendampingnya atau Wakil Bupati takkala Sofyan Puhi maju lewat Pileg DPR Provinsi. Masa masa kekosongan itu berlalu dengan tahun-tahun dimana mereka menjalankan pemerintahan saat itu sendiri. Sehingga disisi inilah barangkali yang akan membuat mimpi para politisi ini untuk mengisi PAW sekiranya ditahan dulu.

“Terlebih lagi ini soal pengisian antar waktu atau PAW seorang Wakil Bupati tentu lama prosesnya. Sedangkan menggantikan posisi seorang Kepala Desa ditengah periode kepemimpinnya prosesnya kadang lama. Apalagi ini berbicara posisi seorang Wakil Bupati. Bisa diprediksi itu akan panjang. Mungkin ada 1-2 tahun dari sekarang saat SK pemberhentian Wakil Bupati sekiranya sudah diketuk Mendagri” tutupnya.(MS)

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top