Daerah

Berhasil Tekan Angka Kemiskinan, Dirjen Kemensos RI Puji Indra Yasin

Bupati Indra Yasin saat mendampingi Dirjen Kemensos RI rabu kemarin

GORUT,- Berupaya untuk mendapatkan tambahan anggaran dari pusat sepertinya sudah menjadi kewajiban bagi setiap kepala daerah. Hal ini pula yang dilakukan oleh Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin setiap kali ada pejabat dari pusat yang datang ke Gorontalo Utara. Seperti yang dia lakukan baru-baru ini, orang nomor satu di Gorontalo ini tak segan-segan untuk memanfaatkan kesempatan dan peluang datangnya Direktur Jendral Penanganan Fakir Miskin Pesisir, Pulau-pulau Kecil dan Perbatasan Antar Negara Kementerian Sosial RI, Akifah Elansary yang menghadiri kegiatan diskusi yang membahas tentang penanganan fakir miskin pesisir melalui pengelolaan usaha ekonomi produktif (UEP) yang berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Gorontalo Utara, Rabu (8/11) kemarin.

Pada kesempatan itu, Bupati Indra Yasin disela-sela pemaparannya terkait program penanggulangan kemiskinan di Gorut, dia (Indra Yasin) meminta agar program bantuan dari Kementerian Sosial untuk Gorontalo Utara di tahun- tahun mendatang dapat lebih meningkat lagi.

“ya, kami (Pemda) selama ini telah memanfaatkan dengan baik seluruh Program Kementerian Sosial yang menurut kami sangat menyentuh masyarakat khususnya bagi keluarga yang tidak mampu. Bukan hanya itu saja, seluruh program pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial seperti rastra (beras sejahtera), kami intervensi kembali agar seluruh masyarakat dapat menikmati beras sejahtera secara gratis. Sehingganya, saya berharap program dari Kementerian Sosial RI di tahun 2018 mendatang dapat lebih meningkat lagi dari tahun ini”, ujar Indra Yasin saat dihadapan Dirjen Kemensos RI, Akifah Elansary.

Lebih lanjut Indra Yasin menjelaskan berbagai program dari Kemensos RI tersebut benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat dan dapat disinergikan dengan 9 program gratis yang menjadi andalan Pemerintah Daerah Gorontalo Utara dalam rangka menekan angka kemiskinan.

“Sejak Daerah Gorut berdiri, angka kemiskinan daerah Gorut saat itu berkisar 34 persen , dan pada tahun ini genap 10 tahun Gorontalo Utara, pemerintah daerah telah berhasil menurunkan angka kemiskinan hingga 18 persen.” imbuhnya.

Indra Yasin juga mengungkapkan bahwa dia akan kembali untuk melobi anggaran di Kementerian Sosal RI terkait program bantuan bedah rumah sosial masyarakat. “Program Kemensos RI itu (bedah rumah) dapat disinkronkan dengan program mahyani Gorut”, tandas Indra Yasin.

Sementara itu, Dirjen Penanganan Fakir Miskin Pesisir, Pulau-pulau Kecil dan Perbatasan antar Negara Kemsos RI, Akifah Elansary megaku kagum dengan upaya pemerintah daerah Gorut dalam menurunkan angka kemiskinan di daerah dengan memanfaatkan Program Kemensos RI. Akifah menilai Program Kemensos RI telah berhasil dikembangkan dan benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara melalui kepemimpinan Bupati Indra Yasin.

“ya, saya sangat apresiasi perkembangan Program Kemensos RI dalam upaya menekan angka kemiskinan di daerah Gorut yang benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Bupati Bapak Indra Yasin dan jajaran pemerintah daerah. Dan jujur saya tertarik melihat dengan daerah Gorut yang baru berumur 10 tahun akan tetapi mampu menurunkan angka kemiskinan daerah hingga hampir 50 persen. Sehingganya, saya akan laporkan ke Ibu Menteri perkembangan Program Sosial di daerah Gorut, dan saya akan prioritaskan Daerah Kabupaten Gorut untuk dibuatkan satu buku profil daerah yang berhasil menurunkan tingkat kemiskinan”, pungkas Akifah Elansary.(hms)

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top