Daerah

Data Pemilih Harus Akurat

BIMTEK SIDALIH SOPHIAN RAHMOLA
PARA PESERTA Bimbingan Teknis (Bimtek) Sidalih Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan 2018

GORUT,- Pemutahiran data pemilih Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 harus komprehensif, akurat dan berkwalitas. Penekanan tersebut sebagaimana yang disampaikan oleh anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Sophian Rahmola usai mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Sidalih Pemutakhiran Data Pemilih Pemilihan 2018. “Bimtek kali ini merupakan tindak lanjut dari Bimtek sebelumnya. Untuk kali ini Bimtek hanya dilaksanakan selama sehari” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Sophian bahwa pihak KPU RI menegaskan bahwa pemutahiran data pemilih harus komprehensif, akurat dan berkwalitas tentu mempunyai maksud positif. “Hal ini untuk menjamin kepada masyarakat terkait data pemilih” jelasnya.

Selain itu juga dijelaskan oleh Sophian bahwa operator KPU Kabupaten Gorut juga turut serta dalam mengikuti Bimtek tersebut. “Pasalnya para operator tersebut dibekali dan dilatif untuk menggunakan aplikasi yang akan digunakan pada Pilkada serentak oleh para tenaga ahli” kata Sophian. Pada dasarnya aplikasi yang digunakan sama seperti pada pemilihan sebelumnya, “Hanya saja ada fitur-fitur yang lebih dikembangkan lagi.
Pengembangan fitur ini dilakukan oleh pihak Universitas Indonesia (UI) yang pada Bimtek kali ini ikut memberikan materi secara langsung” ujarnya.

Nantinya setelah ini kata Sophian, KPU Kabupaten Gorut akan melaksanakan Bimtek serupa kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Untuk penggunaan aplikasi Sidalih ini penggunaannya akan sampai di PPK. Dan untuk itu ada operator PPK yang akan dilatih untuk mengoperasikan aplikasi tersebut yang akan dilaksanakan akhir November ini” tegasnya.

Untuk PPS sendiri akan dilakukan Bimtek sekitar bulan Desember untuk pemutakhiran data pemilih karena mereka yang akan melakukan pemutakhiran dilapangan nanti. “Nantinya juga ada masanya untuk diumumkan kepada masyarakat” tandasnya.(MS)

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top