Daerah

Berkat Kerjasama Utara-utara, Gorut Kebagian Dana 100 M dari Belanda

2017-05-08_131950
rombongan tim kerjasama utara-utara saat berkunjung ke belanda. dok. humas

GORUT,- Kerjasama Utara – Utara yang digagas oleh pihak Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mulai menunjukkan dampak positif bagi daerah dan masyarakat Gorontalo Utara. Hal ini terungkap pada kegiatan training dan sosialisasi program kerjasama utara-utara yang berlangsung di Kecamatan Anggrek, Rabu (8/11).

Pihak perwakilan Programma Uitzending Manjer (PUM) Netherland Senior Experts Indonesia di Provinsi Gorontalo, yang didelegasikan oleh Vendi Michael mengungkapkan bahwa pihaknya sangat kagum melihat potensi pengembangan sektor peternakan yang dimiliki daerah Kabupaten Gorontalo Utara. Untuk itu kepada pihak Pemerintah Daerah, pihak PUM Belanda akan membantu dana yang nilainnya mencapat 100 miliar rupiah untuk pengembangan potensi peternakan.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin juga turut menyampaikan kabar gembira tersebut kepada masyarakat yang hadir.

“Dari pihak perwakilan PUM belanda di Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo mereka menyampaikan secara blak-blakan akan membantu pemerintah daerah Gorut dalam mengembangkan ternak di daerah Gorut dengan nilai bantuan 100 miliar rupiah. Saya kira ini angka yang tidak kecil ketimbang dengan pendanaan perjalanan kami (Pemda) ke Belanda awal tahun ini.” ujar Indra Yasin.

Memang jika dibandingkan antara dana perjalanan dinas 10 orang perwakilan Pemkab Gorut ke Belanda yang menghabiskan dana sekitar 600 juta rupiah tersebut, sangat kecil dibanding dengan hasil yang didapatkan yaitu bantuan dana sebesar 100 milyar rupiah dari PUM Belanda. “Saya kira ini wajib menjadi informasi dan perhatian kita semua dan seluruh masyarakat di daerah Gorut yang terus mempertanyakan hasil dari kunjungan kami (Pemda) ke Belanda beberapa waktu lalu”, ucap Indra Yasin.

Rencananya bantuan dana senilai 100 miliar dari pihak PUM Belanda tersebut akan diberikan ke pihak Pemkab Gorontalo Utara di tahun 2018 mendatang. Untuk itu Bupati Indra Yasin menjelaskan bahwa dana tersebut nantinya dimanfaatkan dengan baik sesuai hasil studi yang dilakukan pemerintah daerah di Belanda, seperti pembangunan rumah potong hewan yang canggih dan memenuhi standar nasional, perluasan wilayah ternak sapi, pembangunan pabrik pengalengan daging sapi, serta peningkatan kapasitas ternak sapi bagi masyarakat di daerah Gorut.

“Untuk itu bagi masyarakat peternak yang ada agar dapat lebih serius dan profesional dalam memelihara ternak sapi dengan baik, sehingga hasilnya mampu meningkatkan produksi ternak sapi daging maupun peningkatan kesejahteraan”, tandasnya.(hms)

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top