Business

Timotius Rahady, Figur Dibalik Suksesnya Kusuma Agrowisata Resort & Convention Hotel Batu-Malang

kusuma agro

Timotius Rahady, pria kelahiran Rembang Jawa Tengah 48 tahun lalu, mengawali karir di dunia perhotelan pada tahun 1990 disalah satu hotel di Yogyakarta. Rahady, panggilan akrabnya kini menjabat sebagai General Manager di Kusuma Agrowisata Hotel sejak 2013.

Sejak kepemimpinannya, Kusuma Agrowisata Hotel mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup pesat. Penataan sistem manajemen dan human resources adalah sasaran pertamanya utk membuat perubahan, terutama dalam mengejar pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Segmen market yg kala itu (2000-2012) didominasi oleh government, dengan tingkat hunian rata2 48% sedikit demi sedikit, dikembangkan ke pangsa yang lebih lebar lagi, seperti corporate dan travel agencies. Hal ini dilakukan karena Kota Wisata Batu memiliki based market travel agent dan corporate yang sangat kuat, karena selain kota wisata, Batu juga destinasi pilihan penyelenggaraan MICE selain Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Bali. Apalagi Kota Wisata Batu swcara demografi dikelilingi oleh kota kota bisnis yang sangat potensial. Pembenahan produk dan jasa dilakukan secara serempak dan berkesinambungan dan kemasan menginap dan wisata alam dilokasi yang sama, berhasil mendongkrak tingkat hunian ke angka rata2 63%.

Digitalisasi market saat ini, sangat membawa dampak yang sangat signifikan. Dimana konsumen mendapat Kemudahan memesan kamar hotel dan tiket pesawat, dengan harga bersaing yang ditawarkan oleh penyedia layanan booking online (Online Travel Agent) – pasar ini juga yang saat ini cukup dominan di Kusuma Agrowisata Hotel, dan Rahady beserta team e commerce tidak menyia-nyiakan peluang bisnis yang ada, hingga perolehan MPI (Market Penetration Index) diatas angka 1.

Di Kota Wisata Batu, growth occupancy juga dialami oleh hampir seluruh hotel yang ada, terutama hotel yang siap dan melakukan perubahan baik sisi produk maupun layanan secara konsisten.

Selain meningkatnya jumlah kunjungan, pola dan perilaku baru pelanggan hotel atau pola dari pelanggan baru sangat berkontribusi pertumbuhan bisnis tersebut.

Dengan segala dinamikanya, Kusuma Agrowisata dengan konsep One Stop Tourism Business mampu memimpin pasar perhotelan di Kota Wisata Batu.

Dan untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian ini, Rahady dan seluruh karyawannya mencoba menambahkan fasilitas wisatanya, dengan Camping Ground & Container Housenya pada akhir 2017 ini, sehingga market dapat ter-leverage dengan lebih optimal.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top