Daerah

Pemda Gorut Fokus Tekan Angka Kemiskinan

ilustrasi_angka_persntase menurun

KWANDANG,- Lonjakan angka kemiskinan adalah satu hal yang paling tidak diinginkan oleh pemerintah manapun. Untuk itu, pemerintah melalukkan berbagai upaya dalam menekan angka kemiskinan. Hal ini dilakukan agar daerah yang dimaksud bisa katakan berhasil dalam mensejahterahkan masyarakatnya.

Namun, ternyata yang jadi pekerjaan pemerintah tidak hanya itu saja, persentase angka kemiskinan yang dirilis terkadang berbeda dari berbagai institusi, baik itu dari dinas terkait atau BPS yang selalu menjadi patokan dari data yang akan dirilis ke publik. Seperti yang diungkapkan oleh Assisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Gorut, Thamrin Yusuf saat membuka rapat sosialisasi tentang Mekanisme Pemuktahiran Mandiri (MPM) berbasis data Terpadu Program Penanggulangan Fakir Miskin, Kamis (12/10/2017).

Daerah Gorontalo Utara, kata Thamrin setiap tahunnya mengalami penurunan angka kemiskinan. Sesuai dengan data yang diperoleh dari BPS Gorontalo Utara, bahwa pada tahun 2016 silam, persentase angka kemiskinan di Gorontalo Utara berada pada angka 18,51 %, angka ini lebih rendah 0,42 % dari tahun sebelumnya yaitu 18,93 %. Sementara untuk data kemiskinan tahun 2017, hingga saat ini belum dirilis oleh BPS.

“Patut digaris bawahi bahwa Gorontalo Utara berada di atas Kota Gorontalo dalam hal kemampuan untuk menurunkan angka kemiskinan daerah. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pemerintah daerah dalam menanggulangi dan menangani kemiskinan di Gorut berjalan dengan baik, meskipun masih membutuhkan intervensi lebih komprehensif”, ujar Thamrin.

Pemerintahan di Gorontalo Utara sendiri telah menetapkan angka 13, 33% sebagai target untuk dicapai, itu artinya masih ada margin sekitar 4% angka kemiskinan yang harus dituntaskan oleh Pemerintah Daerah. Thamrin berharap melalui Program MPM ini, Pemerintah Daerah Gorut akan menghasilkan produk data yang akurat dan aktual serta dapat menjadi basis data tunggal bagi pemerintah Gorontalo Utara dalam upaya pengentasan kemiskinan di Gorontalo Utara.

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top