Daerah

KPU Gorut Buka Pendaftaran Untuk Pemantau Pilkada

pantau pemilu

KWANDANG,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) membuka pendaftaran Pemantau Pemilihan dalam penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Utara tahun 2018. Pendaftaran ini dibuka sejak tanggal 12 Oktober hingga 11 Juni 2017, mulai jam 08.00-16.00 wita, di Kantor KPU Gorontalo Utara.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Gorut, Moh. Gandhi A. Tapu bahwa pendaftaran pemantau tersebut sebagaimana UU nomor 08 tahun 2015 atas perubahan UU No. 01 tahun 2015 tentang penetapan PP Pengganti UU No. 01 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi UU, dan Perturan KPU No. 01 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018.

“Untuk persyaratannya tentu bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas dan yang ketiga terdaftar dan memperoleh akreditas dari KPU Kabupaten Gorut sesuai dengan cakupan wilayah pemantauannya” jelas Gandhi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa bagi yang berminat mendaftar sebagai pemantau tentu dengan mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kelengkapan administrasi mulai dari profil organisasi lembaga pemantau, nama dan jumlah anggota pemantau, alokasi anggota pemantau pada pemilihan bupati dan wakil bupati masing-masing di daerah kabupaten dan kecamatan. “Termasuk rencana, jadwal kegiatan pemantaran pemilihan dan daerah yang ingin dipantau serta nama, alamat dan pekerjaan pengurus lembaga pemantau pemilihan” ujarnya.

Tidak lupa pula Gandhi mengingatkan syaratnya juga termasuk pas foto terbaru pengurus lembaga pemantau pemilihan, surat pernyataan mengenai sumber dana yang ditandatangani oleh ketua lembaga pemantau pemilihan, “Termasuk surat pernyataan mengenai independensi lembaga pemantau yang ditandatangani oleh ketua lembaga pemantau pemilihan dan surat pernyataan atau pengalaman atau pengalaman dibidang pemantauan dari organisasi pemantau yang bersangkutan atau dari pemerintah negara lain tempat yang bersangkutan pernah melakukan pemantauan bagi pemantau pemilihan asing” tandasnya.

EDITOR: M. Iswar Ramadhan

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top