News

Persatuan Komunitas Bugis Sabah Kecam Mahathir Mohamad

MAHATHIR MOHAMAD

JAKARTA,- Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mendapat desakan untuk meminta maaf secara terbuka kepada seluruh masyarakat Bugis atas pernyataannya yang mengatakan bangsa Bugis itu sebagai pencuri.

Mantan Presiden Persatuan Komunitas Bugis Sabah, Datuk Osman Jamal, mengatakan bahwa pernyataan dari Mahathir Mohamad tersebut telah melukai perasaan masyarakat Bugis. Dia juga mengancam akan mempidanakan Mahathir Mohamad jika tidak segera membuat permohonan maaf secara terbuka dihadapan orang banyak.

“Saya sudah melihat video ucapan itu. Sebagai seorang Melayu keturunan Bugis, kenyataan itu sangat mengecewakan.

“Beliau sendiri selalu mengingatkan rakyat Malaysia supaya sentiasa hormat menghormati antara satu bangsa dengan yang lain.

“Malah, tindakan menghina bangsa seorang pemimpin tidak harus dilakukan demi perpaduan dalam kalangan rakyat Malaysia.

“Jika beliau enggan memohon maaf, maka segala rasa hormat kami kepada beliau sudah tiada,” katanya seperti yang dilansir oleh oleh situs berita Bharian,

Dr Mahathir ketika menyampaikan orasinya pada himpunan Anti-Kleptokrasi di Padang Timur, Petaling Jaya, Sabtu (14/10) lalu mengatakan; “Mungkin kerana dia (Datuk Seri Najib Razak) berasal dari lanun Bugis. Entah macam mana dia sesat sampai ke Malaysia. Pergi baliklah ke Bugis”.

Hal senada juga disampaikan oleh Pembina Persatuan Melayu Bugis Selangor Daerah Sepang, Tengku Datuk Prof Dr Jamaluddin Tengku Mahmud Shah Al-Haj, menuntut agar Mahathir menarik kembali pernyataannya terkait bangsa Bugis dan mengakui kesalahannya.

Menurutnya, pernyataan Mahathir Mohamad tersebut tidak mencerminkan dirinya yang notabene adalah seorang mantan pemimpin di Malaysia.

“Pernyataan itu adalah penghinaan kepada bangsa Bugis dan secara tidak langsung memperlihatkan bahwa Mahathir telah menjatuhkan kredibilitasnya sebagai seorang pemimpin dan negarawan.

“Penghinaan ini tidak dapat diterima sama sekali dan tidak boleh sama sekali mengaitkan kepemimpinan seseorang itu atas faktor keturunan.

“Saya percaya Dr Mahathir tahu, jika sejarah berdirinya kerajaan Melayu Johor-Riau-Lingga ada keterlibatan dari Opu Bugis Lima Bersaudara, yakni Daeng Parani, Daeng Marewah, Daeng Chelak, Daeng Menambung dan Daeng Kemasi,” tandasnya.

Sementara itu, Persatuan Bugis Johor secara resmi telah melaporkan Mahathir Mohamad ke pihak kepolisian karena dinilai telah mengeluarkan pernyataan yang berbau rasis dengan melabeli bangsa Bugis adalah penyamun.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top