Daerah

Kemenkes RI Akan Evaluasi Program Jamban Keluarga Sehat di Gorontalo Utara

penghargaan bebas kaki gajah
bupati indra yasin pada acara penyerahan penghargaan dari kementerian kesehatan ri sebagai daerah yang bebas dari penyakit kaki gajah.

DEMAK,- Setelah meraih posisi kedua terbaik di Provinsi Gorontalo setelah Kota Gorontalo sebagai daerah dengan persentase terbanyak dalam penyediaan sarana jamban keluarga sehat, Kementerian Kesehatan RI akan melakukan evaluasi terhadap program jamban keluarga sehat di Gorontalo Utara.

Evaluasi yang akan dilakukan oleh pihak Kementerian Kesehatan RI ini terkait dengan pemanfaatan jamban keluarga sehat. Pasalnya, meski menduduki posisi kedua sebagai daerah dengan persentase terbanyak dalam penyediaan jamban keluarga sehat, namun Gorontalo Utara hanya menduduki posisi keempat dalam pemanfaatan jamban keluarga sehat di Provinsi Gorontalo.

Bupati Gorontalo Utara, Hi. Indra Yasin mengungkapkan bahwa hal tersebut menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah Gorontalo Utara. Menurutnya, jamban keluarga sehat yang telah disediakan oleh Pemerintah harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Dalam penilaian pemanfaatan jamban oleh masyarakat kita masih berada pada posisi ke-4 dengan nilai 57 Persen se-Provinsi Gorontalo. Tentu hal ini menjadi perhatian serius kita pemerintah daerah dan kita semua guna memberikan sosialisasi dan penyuluhan terhadap penggunaan jamban keluarga sehat yang ada di Daerah Gorut.” ujar Indra Yasin.

Sehingganya, lanjut Indra Yasin, dirinya berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan sarana jamban keluarga yang telah disediakan. Kedepan, kata Indra Yasin, dirinya menargetkan capaian pemanfaatan jamban keluarga sehat di Gorontalo Utara bisa menyentuh angka 90 persen.

“Insya Allah, di tahun 2018 target kita paling tidak sudah bisa mencapai 90 persen masyarakat yang memanfaatkan jamban keluarga.” imbuhnya.

Indra juga menyampaikan bahwa program jamban keluarga sehat ini bertujuan untuk menciptakan pola hidup sehat di masyarakat, apalagi perilaku BAB disembarang tempat sangat berdampak buruk bagi kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

“Untuk itu saya menghimbau agar fasilitas jamban yang telah disediakan agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya,” pungkas Indra Yasin.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top