Daerah

Gorontalo Utara Kembali Raih Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI

gorut-raih-penghargaan-kemenkes
gorontalo utara raih penghargaan dari kementerian kesehatan setelah dinilai berhasil eliminasi penyakit kaki gajah.

DEMAK,- Bersama dengan 13 daerah lainnya, Gorontalo Utara dinilai sukses mengeliminasi filariasis atau penyakit kaki gajah. Atas prestasi tersebut, Kabupaten Gorontalo Utara dinilai pantas untuk mendapatkan anugerah penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diterima Bupati Gorontalo Utara, Hi. Indra Yasin, Sabtu (7/10/2017), pada acara Pencanangan Nasional Bulan Eliminasi Kaki Gajah tahun 2017, yang diselenggarakan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Usai menerima penghargaan tersebut, Bupati Gorut Indra Yasin mengungkapkan bahwa ini adalah kali kedua Gorontalo Utara menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI. Sebelumnya pada tahun 2016 kemarin, Gorontalo Utara meraih penghargaan karena dinilai sebagai daerah yang bebas dari penyakit malaria.

“Alhamdulillah, ini adalah kali kedua secara berturut-turut kami menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI. Kali ini kami dinilai berhasil dalam mengeliminasi penyakit kaki gajah. Sebelumnya pada tahun 2016 kami juga meraih penghargaan dari Kementerian karena berhasil mengeliminasi peyakit malaria.” ungkap Bupati Indra Yasin.

Lanjut Indra, penyakit kaki gajah ini menurut Menteri Kesehatan RI sangat sukar untuk disembuhkan. Akan tetapi langkah pemerintah daerah dalam melakukan pencegahan lebih awal terhadap penyebaran penyakit tersebut dinilai berhasil oleh Pemerintah Pusat.

Untuk diketahui, bahwa penyebaran penyakit kaki gajah sendiri disebarkan oleh nyamuk dengan membawa bakteri yang disebut filariasis. Oleh sebab itu kepada seluruh masyarakatnya, Bupati Indra Yasin berpesan agar dapat mencegah segala penyakit dengan tetap menjaga kebersihan dan memperhatikan kondisi lingkungan terutama genangan air yang biasanya menjadi tempat bersarang dan bekembang biak nyamuk.

“Saya juga berharap masyarakat harus memperhatikan lingkungan yang bersih dan sehat. Termasuk membersihkan selokan, lakukan penyemprotan, atau pembersihan lingkungan yang tergenang air. Mari bersama-sama kita membiasakan hidup bersih, sehat sesuai program Kemenkes yakni pola hidup bersih dan sehat (PHBS)”, pungkas Bupati Indra Yasin.

Sekedar informasi, selain Gorontalo Utara, dua daerah dari Provinsi Gorontalo, yakni Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato juga menerima penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI pada kegiatan tersebut.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top