Daerah

Di Gorontalo Utara, Petani, Nelayan, dan Peternak Dapat Jaminan Pemerintah Daerah

indra yasin_gorut

GORUT- Bantuan terhadap masyarakat khususnya para petani, peternak, dan nelayan saat ini menjadi salah satu prioritas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara. Salah satu yang menjadi program unggulan pemerintah daerah saat ini yaitu program asuransi kepada masyarakat petani, nelayan, dan peternak.

Saat menyerahkan bantuan kepada warga nelayan yang ada di Kecamatan Gentuma Raya, Rabu (4/10/2017) lalu, Bupati Indra Yasin menyampaikan bahwa program pemerintah Gorontalo Utara selalu mengacu kepada pemenuhan kebutuhan masyarakat, dari bantuan sarana prasarana hingga jaminan keselamatan.

“Program asuransi bagi masyarakat merupakan bentuk kepedulian serta Ikhtiar Pemerintah Daerah dalam melindungi dan memberikan jaminan kenyamanan dan keamanan para keluarga nelayan, peternak dan petani di Gorontalo Utara.” ucap Bupati Indra Yasin.

Khusus di bidang perikanan, kata Indra Yasin, pemerintah daerah telah mengasuransikan sebanyak 1.310 orang keluarga nelayan yang tersebar di 11 Kecamatan se-Gorontalo Utara.
“Kartu asuransi nelayan ini berfungsi sebagai jaminan bagi keluarga para nelayan. Kita tidak tahu apa yang akan dialami oleh para nelayan saat melaut, untuk itu sebagai kepedulian dari Pemerintah Daerah, maka kami mengadakan program asuransi bagi para nelayan. Dimana jika terjadi kecelakaan saat melaut, para nelayan ataupun pihak keluarganya akan menerima santunan yang akan dibayarkan oleh asuransi,” imbuhnya.

Indra Yasin menambahkan, bahwa jika kecelakaaan yang dialami oleh nelayan pemegang asuransi sampai meninggal dunia, maka pihak asuransi akan membayarkan dana santunan sebesar 200 juta, sementara jika cacat, maka besaran santunan yang akan diterima adalah sebesar 100 juta.

Selain memberikan bantuan berupa program asuransi, Pemda Gorut juga membagikan bantuan life jacket dan pelampung bagi para nelayan. Bantuan ini bertujuan untuk meminimalisir resiko yang akan dialami oleh para nelayan saat melaut.

Masih kata Indra Yasin, Pemkab Gorut juga telah menyelenggarakan program asuransi bagi masyarakat peternak dan petani di Gorontalo Utara. Dimana Pemerintah Daerah telah memberikan jaminan dana asuransi bagi para peternak, khususnya ternak sapi yang mati karena kecelakaan, maka pemilik ternak tersebut akan menerima dana santunan sebesar 10 juta rupiah. Sementara untuk petani, Pemkab Gorut telah menyediakan dana santunan dari asuransi sebesar 6 juta rupiah/hektar sawah, jika gagal panen akibat puso.

“Program bantuan ini akan terus lakukan di tahun-tahun mendatang. Mudah-mudahan dengan demikian akan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat khusus petani, nelayan, dan peternak di daerah Kabupaten Gorontalo Utara”, pungkas Indra Yasin.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top