Daerah

Desain Surat Suara Diseragamkan

surat suara

KWANDANG,– Desain surat suara untuk pelaksanaan Pilkada 2018, akan diseragamkan. Penyeragaman ini hingga pada hal-hal teknis, seperti ukuran foto pasangan calon, latar belakang foto hingga perlu adanya jaminan kualitas cetakan.

Rabu (11/10/2017) tadi malam, Anggota KPU Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) Sophian Rahmola menjelaskan, selama ini dalam pelaksanan Pilkada, desain surat suara tidak sama antara satu daerah dengan daerah lain. Pada pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang, KPU RI akan menyeragamkan desainnya. Seluruh KPU se-Indonesia kata Sophian, saat ini sementara mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang desain surat suara.

“Jika sebelumnya, latar belakang foto maupun surat suara berbeda – beda, ada yang merah putih dan warna – warna lainnya, maka di Pilkada 2018 mendatang, akan diseragamkan,” kata Sophian.

Sophian Rahmola, Komisioner KPUD Gorontalo Utara.

Semua desain surat suara bagi daerah yang akan menggelar Pilkada 2018 mendatang, akan memiliki satu model. “Foto pasangan bahkan diatur, apakah dia lurus kedepan, atau serong ke kiri atau ke kanan, hingga hal teknis akan diseragamkan, dan kini sementara disampaikan dalam Bimtek,” ungkap Sophian.

Secara umum kata Sophian, nantinya keseragaman desain surat suara ini meliputi, latar belakang, model foto pasangan calon, hingga ukuran foto seperti ukuran wajah yang sama. Semuanya akan diseragamkan terkecuali pakaian yang digunakan oleh pasangan calon.

Tidak itu saja, proses pencetakan dari surat suara tersebut, juga disampaikan dalam Bimtek yang diharapkan, akan seragam pula. Dalam Bimtek itu juga disampaikan tentang nantinya berapa warna yang akan dipakai dalam desain surat suara hingga pada proses pencetakannya. Begitu juga soal mesin cetak yang akan dipakai. Selain jaminan akan kualitas hasil cetakan, hal penting yang disampaikan dalam Bimtek tersebut, soal jaminan tepatnya waktu pencetakan oleh perusahaan cetak.

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top