Daerah

105 Kandidat PPK se-Gorut Akan Ikut Tes Wawancara

Ghandi Tapu
moh. gandhi a. tapu, komisioner kpu gorontalo utara.

GORUT,– Rekruitmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pelaksanaan Pilkada Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) 2018 terus berjalan. Sesuai rencana, mulai Senin (23/10) hingga Kamis (26/10) mendatang, tes wawancara akan digelar oleh KPU Kabupaten Gorut, terhadap 105 orang yang dinyatakan lulus seleksi tulis.

Anggota KPU Kabupaten Gorut Moh. Gandhi A. Tapu mengatakan bahwa tes tertulis telah digelar Sabtu (21/10) pekan kemarin. Dari 157 orang yang mendaftar, 12 orang diantaranya dinyatakan gugur dalam seleksi administrasi. Tahapan kemudian berlanjut pada seleksi tertulis. Dimana dari 145 orang yang lolos seleksi administrasi, 23 orang diantaranya tidak mengikuti tes tertulis dan 17 orang lagi dinyatakan tidak lulus tes.

“105 orang dinyatakan lulus seleksi tertulis, dan akan mengikuti tes wawancara,” kata Gandhi.

Untuk memaksimalkan pelaksanaannya, tes wawancara akan dibagi dalam dua zona. Pada hari Senin dan Selasa pelaksanaan tes wawancara digelar untuk wilayah Kecamatan Monano, Kecamatan Anggrek, Kecamatan Kwandang, Kecamatan Tomilito, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kecamatan Gentuma Raya dan Kecamatan Atinggola.

“Tes wawancara untuk 7 kecamatan tersebut akan digelar dikantor KPU Kabupaten Gorut,” ungkap Gandhi.

Untuk 4 kecamatan lainnya, yakni Kecamatan Sumalata, Kecamatan Sumalata Timur, Kecamatan Biau dan Kecamatan Tolingula, dijadwalkan akan digelar pada Rabu (25/10) dan Kamis (26/10), di kantor Camat Sumalata.

Nantinya, para peserta akan diwawancarai tentang pengetahuan dan pemahaman soal Pemilu, termasuk juga pengetahuan akan kewilayahan. KPU Kabupaten Gorut juga akan melakukan uji konfirmasi dan tanggapan masyarakat terhadap para calon PPK.

Uji konfirmasi masyarakat ini, antara lain untuk mendapatkan kepastian bahwa, calon PPK tersebut benar-benar bukan pengurus partai politik sebagaimana diatur dalam undang-undang maupun peraturan yang berlaku. Nantinya, dari 105 peserta seleksi ini, hanya 55 orang peserta yang akan dinyatakan lolos oleh KPU Kabupaten Gorut sebagai anggota PPK dan akan bertugas untuk pelaksanaan Pilkada 2018 mendatang.

PENULIS: Matris Salim

EDITOR: M. Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top