Daerah

Pemkab Daerah Target 2018 Gorontalo Utara Bebas BABS

indra yasin menyapa warga lansia
Bupati Indra Yasin saat menyapa salah seorang warganya

GORUT- Kualitas hidup masyarakat masih menjadi problema bagi pemerintah diberbagai daerah, terutama kualitas kesehatan. Salah satu tolak ukur dari keberhasilan program pemerintah dalam peningkatan kesehatan adalah jika pemerintah daerah dapat merubah pola hidup masyarakatnya menjadi pola hidup sehat.

Terkait hal tersebut, Pemerintah Daerah Gorontalo Utara sejak tahun 2016 telah memprogramkan pembangunan jamban di setiap Desa di se-Gorontalo Utara. Hal ini menurut Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin sudah menjadi salah satu program prioritas dari Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Program ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yaitu dengan menciptakan pola hidup sehat. Pemerintah Pusat juga sangat mengapresiasi program ini. Menurut data statistik program Jamban Keluarga Sehat telah meningkatkan persentase kenaikan penggunaan jamban sebesar 18 Persen. Persentase kenaikan ini sedikit lebih rendah dari Jawa Timur yang menduduki peringkat pertama nasional.” ujar Indra Yasin, saat berdialog dengan warga di Desa Monano, Selasa (8/9) lalu.

Pemerintah Daerah Gorontalo Utara sendiri telah menargetkan pada 2018 mendatang Gorontalo Utara telah bebas BABS (buang air besar sembarangan). Untuk itu tahun 2017 ini, Pemda telah memprogramkan penambahan 25 unit jamban untuk setiap desa di Gorontalo Utara.

“Tahun ini Pemerintah Daerah akan menambahkan lagi 25 Unit Jamban per-desa sehingga bukan hal mustahil di tahun 2018 mendatang tidak ada lagi yang buang air sembarangan ”, ungkapnya.

Indra Yasin juga menjelaskan soal bahaya dari pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh perilaku buang air besar sembarangan. Menurutnya, selain mengotori lingkungan, kotoran manusia yang dibuang sembarangan juga berpotensi menjadi sumber penyakit yang nantinya akan membahayakan kesehatan masyarakat disekitar.

“untuk itu kami selaku Pemerintah Daerah mengadakan program ini, tidak lain agar daerah kita bisa menjadi Kabupaten Sehat dengan masyarakatnya yang sehat pula, baik itu pola hidup dan perilakunya” pungkas Indra Yasin.

EDITOR: Pratiwi Lintang

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top