Internasional

Muslimah AS Dapat Rp1,1 Miliar Setelah Menang Gugatan Karena Dipaksa Melepas Hijab

Kirsty Powell
kirsty powell. Foto: Independent

REPUBLIKPOS- Kirsty Powell, seorang muslimah asal Long Beach, California, Amerika Serikat memenangkan gugatan sebesar US$85 ribu atau setara Rp1,1 miliar. Kirsty melayangkan gugatan tersebut ke pengadilan lantaran dipaksa melepas hijab oleh petugas kepolisian setempat di hadapan para pria lain.

Dalam gugatan yang Dia ajukan dengan bantuan hukum dari Council on American-Islamic Relations (CAIR), Kirsty mengatakan pemaksaan itu dilakukan “tanpa alasan keamanan yang sah.”

“Saya harus menanggung ketidaknyaman, penghinaan, serta tekanan emosional,” ungkap Kirsty Powell seperti yang dilansir Independent.

Vonis yang dijatuhkan itu tidak hanya bermanfaat bagi Kirsty Powell saja, tetapi juga menjadi dasar perubahan kebijakan keamanan yang berlaku di Long Beach.

Dengan adanya vonis ini, pihak Kepolisian Long Beach pun mengubah ketentuan dengan membolehkan tahanan meminta penutup kepala, termasuk hijab, kepada pengelola penjara. Sebelum adanya putusan itu, kebijakan ini tidak berlaku.

Dana kompensasi yang diputuskan pengadilan untuk Powell kemudian disetujui Dewan Kota Long Beach.

Advokat CAIR, Carey Shenkman, mengutarakan bahwa pembayaran dana kompensasi terhadap Kirsty Powell itu merupakan bentuk pembenaran argumen, “Bahwa memaksa Kirsty Powell menanggalkan hijabnya telah melepaskan kebebasannya dalam menjalankan ajaran agamanya.”

Kirsty melayangkan gugatan atas peristiwa tidak menyenangkan yang menimpanya pada Mei 2015. Saat itu, Kirsty Powell dan suaminya ditangkap polisi atas tuduhan mengutil yang terjadi satu dekade sebelumnya.

Saat menjalani pemeriksaan, polisi meminta Kirsty melepaskan hijabnya. Kirsty menolak permintaan polisi tersebut, bersama suaminya Kirsty menjelaskan hijab yang dia kenakan itu karena perintah agama.

Meski demikian, penjelasan itu diabaikan polisi. Polisi kemudian memaksa dengan menarik hijabnya. Setelah dipaksa, Kirsty Powell dan suaminya harus mendekam di dalam tahanan. Dalam dokumen gugatannya, Kirsty Powell merasa putus asa, dan seolah telanjang di hadapan orang-orang yang melihatnya.

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top