Daerah

Minimalisir Kesalahan Dalam Pemanfaatan Dana Desa, Pemkab Gorontalo Utara Gelar Sosialisasi

dana desa gorontalo utara
ilustrasi dana desa. foto: image source

GORUT- Agar pemanfaatan dana desa di Kabupaten Gorontalo Utara maksimal, Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara bersama Kejaksaan Negeri Gorontalo Utara, Kamis (24/8) menggelar kegiatan sosialisasi implementasi program dana desa bersama tim pengawal pengamanan pemerintah dan pembangunan daerah (TP4D) di Penginapan Puncak Panorama, Kecamatan Tomilito, Gorontalo Utara.

Assisten II Setda Gorontalo Utara, Thamrin Yusuf saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk lebih memaksimalkan penggunaan dana desa maupun alokasi dana desa yang ada.

“Apalagi dengan adanya anggaran yang mencapai 1 Milyar lebih per desa ini diharapkan mampu membangun kemandirian desa sehingga terciptalah pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa. Maka dalam pengelolaan dana desa haruslan transparan agar apa yang menjadi hak desa tidak disalah gunakan”, kata Thamrin dihadapan seluruh camat dan kepala desa se-Gorontalo Utara.

Dalam sosialisasi tersebut juga dijelaskan, bahwa akan ada pengawasan dalam pengelolaan dana desa, baik yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah maupun pihak Kejaksaan yang tergabung dalam TP4D.

Pengawasan ini, kata Thamrin untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran dana desa.

“Saya berharap dengan adanya pengawasan ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pemanfaatan dana desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Kejaksaan Gorontalo Utara, Samsuardi menjelasakan bahwa pengawasan dari pihak Kejaksaan nantinya akan mengacu pada aturan yang sesuai tugas dan fungsi TP4D.

“Kami selaku tim Kejaksaan tetap perpegangan pada juknis dan aturan yang berlaku. Pengawasan dan pengawalan pihak TP4D adalah untuk mengecek anggaran dana desa apa sudah tepat sasaran dan sesuai peruntukannya.” ungkapnya.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top