Kesehatan

Latihan Ini Ternyata Bisa Membantu Meringankan Masalah Susah BAB

Susah BAB
Ilustrasi susah buang air besar. Foto: Pinterest

Republikpos.com- Anda sering kesulitan buang air besar (BAB)? ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika anda mengalami kesulitan untuk buang air besar. Banyak diantaranya adalah dengan mengkonsumsi sayur atau buah-buahan yang kaya serat sehingga mempermudah pencernaan makanan.

Bahkan ada lagi yang mengkonsumsi obat-obatan pencahar yang berfungsi untuk mempercepat BAB. Namun hal tersebut sangat tidak direkomedasikan, bagaimanapun penggunaan obat pasti melibatkan bahan kimia yang ada dalam kandungan obat tersebut.

Penyebab susah buang air besar biasanya disebabkan oleh pergerakan tinja atau feses pada usus yang bergerak lambat sehingga konsistensinya pun menurun, keras, dan kering. Umumnya, susah BAB terjadi karena kurang olahraga, kurang minum, atau diet yang minim serat.

Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Digestive Diseases and Science, berlama-lama duduk dalam posisi jongkok bisa merangsang tubuh untuk BAB.

Ilustrasi Gerakan Squat. Foto: Istimewa

Ilustrasi Gerakan Squat. Foto: Istimewa

Nah bagi anda yang malas makan kaya serat dan mengkonsumsi obat, baiknya melakukan hal ini. Beberapa pakar juga menyarankan agar mereka yang sering kesulitan buang besar agar sering duduk jongkok atau rajin berlatih gerakan squat. Gerakan Squat dinilai dapat membantu melatih usus untuk lebih memiliki daya dorong. Hal ini akan sangat membantu jika feses atau tinja mengalami kesulitan untuk keluar.

Selain berfungsi untuk membantu masalah susah BAB, latihan squat juga bagus lho untuk melatih otot perut, paha, selangkangan, dan kaki anda. Bagaimana? anda tertarik? selamat mencoba.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top