alterntif text
News

IP Institute Gelar Diskusi Penanggulangan Narkoba

IP Institute

JAKARTA- Komunitas Pemuda Melawan Narkoba (PMN) bekerjasama dengan Indonesian Pillar Institute, Kamis (31/8) menggelar diskusi bertajuk ‘Refleksi Idul Qurban dan Korban Narkoba’. Pada diskusi yang berlangsung di Wisma Ciliwung, Tebet, Jakarta Selatan ini turut menghadirkan 3 pembicara yaitu Harianto Oghie sebagai Sekretaris LP Ma’arif NU, Tamrin Barubu sebagai Presiden PMN dan Abdul Rauf sebagai Ketua Umum IP Institute.

Presiden PMN, Tamrin Barubu mengungkapkan rasa prihatinnya terhadap kondisi bangsa saat ini. Menurutnya pada zaman kemerdekaan, bangsa ini begitu kuat dalam berjuang untuk meraih kemerdekaan, namun saat ini Bangsa Indonesia seperti kesulitan mengatasi penjajahan yang dilakukan oleh para mafia narkoba.

“Persoalan yg kita hadapi saat ini adalah ada oknum yang banyak bermain, kalau memang ada niat seluruh pejabat daerah maka narkoba bisa dihanguskan tapi narkoba masih banyak beredar ini artinya ada mafia, maka lawan utama kita adalah mafia. Kunci utama adalah menyatukan persepsi bagaimana melawan oknum oknum tersebut.” ungkap Tamrin.

Sementara itu, Sekretaris LP Ma’rif NU, Harianto Oghie menuturkan bahwa edukasi memegang peranan penting dalam membentengi generasi muda dari bahaya narkoba. Untuk itu peran lembaga-lembaga pendidikan dan pembinaan seperti IP Institute sangat dibutuhkan dalam rangka mengantisipasi pengaruh narkoba bagi generasi muda.

“Banyak anak anak yang menjadi pecandu narkoba karna frustasi dalam hidup dan hedonis dan disinilah peran IP Institute untuk mencegah itu semua. Jejaring narkoba ini tidak terlihat dan ini harus kita putus, yang kedua dari segi edukasinya. Dipendidikan Pesantren diajarkan betul agar para santri tidak pernah terjerat narkoba. Kalangan yang hidupnya hedonis paling mudah dijerat narkoba kalaupun ada orang yang non hedonis terjerat maka itu dari pengaruh luar.” ujarnya.

Terkait penanganan peredaran narkoba, Ketua Umum IP INSTITUTE, Abdul Rauf mengutarakan akan mendukung program pemerintah yang pro rakyat, termasuk soal pencegahan pengaruh narkoba bagi generasi muda.

“Kekuatan kita ada di pelajar dan pemuda bila ini terjerat narkoba maka dirusaklah generasi kita. Intinya Indonesia kita jadi lemah karena kekuatan Indonesia dimulai dari generasinya. Jadi menurut saya menyelamatkan pemuda dari narkoba adalah menyelamatkan generasi Indonesia.” pungkasnya.

EDITOR: Moh. Abu Faiz

BAGIKAN:
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top