Internasional

Duterte Bebaskan Biaya Kuliah di Seluruh Universitas Negeri

rodrigo duterte
meski beresiko membahayakan keuangan negara, duterte tetap membebaskan beban kuliah diseluruh universitas negeri filipina. foto: istimewa

MANILA– Meski dikenal sebagai seorang kepala negara yang penuh kontroversi serta memiliki gaya bahasa yang kasar, namun Presiden Filipina, Rodrigo Duterte ternyata adalah orang yang sangat peduli dengan dunia pendidikan di negaranya.

Dikabarkan oleh Reuters, Duterte, Jum’at (4/8) resmi menandatangani menandatangani undang-undang baru yang membebaskan seluruh biaya di universitas negeri di Filipina.

Sebelum menandatangani undang-undang tersebut, Duterte telah diperingatkan oleh para penasihat ekonominya. Menurut mereka, kebijakan Duterte tersebut sangat membahayakan keuangan negara. .

Menurut para penasihat ekonomi Duterte, kebijakan kuliah gratis akan membebani anggaran pemerintah hingga 100 miliar peso atau lebih dari Rp 2 triliun per tahunnya.

Selain itu, pembebasan biaya kuliah tidak terlalu membantu bagi mahasiswa miskin yang jumlahnya hanya 12 persen dari total jumlah mahasiswa di kampus-kampus negeri di Filipina.

Akibat dari kebijakan tersebut, pemerintah Filipina akan memangkas anggaran sebesar 180 miliar dolar AS dari sektor pengeluaran infrastruktur. Jika tidak ada perubahan, hal ini akan berlangsung hingga akhir masa periode Duterte di tahun 2022 mendatang.

Duterte meminta anggota dewan segera menetapkan langkah-langkah mencari pemasukan baru untuk menambah anggaran.

EDITOR: Wayan Agus Purnomo

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

<
loading...
To Top