Articles

6 Negara Ini Tercatat Dalam Sejarah Pernah Menjajah Indonesia

voc

Republikpos.com- Sejak dahulu kala, kepulauan-kepulauan di Nusantara telah dikenal dunia sebagai negeri yang kaya raya. Tak heran jika banyak bangsa lain yang tergiur dengan kekayaan alam nusantara yang begitu melimpah.

Dalam catatan sejarah, ada enam negara yang pernah menjajah wilayah Indonesia. Negara mana sajakah itu? berikut daftarnya.

1. 1509 – 1595 M : Maluku dijajah Portugis.

kapal portugis

Bermula di tahun 1512, dimana seorang pelaut Portugis bernama Fransisco Serrao berhasil berlayar menuju kepulauan Maluku. Pada awalnya, kedatangan bangsa Portugis ini disambut baik oleh Sultan Ternate kala itu Sultan Mahmud Syah.

Namun pada akhirnya, hubungan dagang antara Ternate-Portugis akhirnya diputuskan karena Sultan Mahmud menerima kabar dari komunitas dagang internasional yang ada di Ternate yang mengatakan bahwa kehadiran bangsa Portugis di Ternate merupakan ancaman besar bagi dirinya. Sejak saat itu peperangan demi peperangan terjadi antara pihak Sultan Ternate dengan Portugis sampai mereka (Portugis) berhasil diusir dari Ternate pada tahun 1595.

2. 1521 – 1692 M : Spanyol hanya menjajah Sulawesi Utara, dan berhasil diusir tahun 1692.

Ilustrasi Armada Laut Spanyol. Image Source

Ilustrasi Armada Laut Spanyol. Image Source

Pada awalnya, bangsa Spanyol melakukan koalisi dengan Kerajaan Tidore untuk melawan Kerajaan Ternate (yang bersekutu dengan Portugis). Namun pada akhirnya, untuk mencegah kerugian yang lebih besar pada pihak Spanyol dan Portugis. Dideklarasikanlah perjanjian Saragosa pada tahun 1538 yang isinya antara lain pernyataan bahwa Portugis memperoleh Kepulauan Maluku dan Spanyol memperoleh wilayah Filipina.

Kemudian pada tahun 1960 Spanyol mendirikan pos – pos pertahanan di Manado. Namun pada awal tahun 1600 , tepatnya 1617 – 1646 Spanyol diusir dari Minahasa (Sulawesi Utara). Dan akhirnya pada tahun 1692 Spanyol berhasil sepenuhnya diusir dari Sulawesi Utara.

3. 1602 – 1942 M : Belanda menjajah hampir seluruh wilayah Indonesia

Armada VOC. Image Source

Armada VOC. Image Source

Sejak awal tahun 1602 Belanda secara perlahan-lahan menjadi penguasa wilayah Nusantara dahulu yang kini adalah Indonesia, Belanda memanfaatkan perpecahan yang terjadi diantara kerajaan yang terpecah akibat runtuhnya kerajaan terbesar di Indonesia yakni Majapahit.

Kolonialisasi Belanda di Indonesia diperkirakan mencapai 350 tahun atau 3 setengah abad. Namun dalam kolonialisasinya tidak mencakup seluruh wilayah di Indonesia, melainkan hanya dibeberapa wilayah saja yaitu Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Papua saja.
VOC (Verenigde Oostindische Compagnie) sebenarnya adalah sebuah lembaga dagang yang berpusat di Kota Batavia dan diberi hak monopoli dagang oleh pemerintah Belanda. VOC sebagai wakil Belanda di Hindia-Belanda mempunyai beberapa hak khusus seperti mencetak uang sendiri, memiliki tentara, mengangkat pegawai, membentuk pengadilan, menduduki daerah asing dan melakukan perjanjian dengan raja-raja pribumi.

Pada perkembangan selanjutnya, VOC mulai ikut campur dalam pemerintahan kerajaan-kerajaan di Nusantara. Tidak sampai disitu, kebijakan-kebijakan VOC dinilai menindas rakyat pribumi. Sehingga, rakyat di beberapa daerah mulai melakukan perlawanan kepada VOC.

Pada abad ke-18 VOC mengalami kemunduran, kemunduran yang dialami VOC umumnya diakibatkan oleh banyaknya perlawanan senjata yang dilakukan rakyat Nusantara dan korupsi yang merajalela dikalangan pegawai VOC.

Akhirnya pada tanggal 31 Desember 1799, VOC secara resmi dibubarkan oleh pemerintah Belanda. Dan sejak saat itu Indonesia berada di bawah kekuasaan pemerintah Belanda secara langsung yang diwakili oleh beberapa Gubernur Jendral seperti Daendels dan Janssens.

4. 1806 – 1811 M : Perancis secara tidak langsung ikut menguasai Jawa

Mata uang LN (Luis Napoleon) pernah beredar di Indonesia dimasa penajajahan VOC. Image Source

Mata uang LN (Luis Napoleon) pernah beredar di Indonesia dimasa penajajahan VOC. Image Source

Meskipun Jenderal Daendels adalah orang Belanda namun dia bekerja untuk kerajaan Prancis dibawah kekuasaan Raja Napoleon. Awalnya dia dikirim ke Indonesia untuk melindungi negeri jajahan Belanda, yang saat itu berubah menjadi Republik Bataav, dari serangan Inggris.

Bukti lain bahwa Indonesia pernah dijajah Prancis adalah beredarnya mata uang dengan inisial huruf ‘LN’ yang merupakan singkatan dari penguasa Prancis saat itu, Louis Napoleon.

5. 1811 – 1816 M : Inggris pernah merebut beberapa wilayah di Indonesia dari Belanda.

Dalam konvensi London, Inggris diwajibkan untuk mengembalikan wilayah jajahan Belanda sebelumnya (Indonesia). Image Source

Dalam konvensi London, Inggris diwajibkan untuk mengembalikan wilayah jajahan Belanda sebelumnya (Indonesia). Image Source

Awalnya Inggris merebut pulau Ambon dan Maluku dari Belanda di tahun 1810. Usai merebut Ambon dan Maluku (Ternate) ekspedisi Inggris dibawah pimpinan Gilbert Elliot kemudian berlayar menuju pulau Jawa dan merebut pelabuhan Batavia (Jakarta) dari tangan Belanda.

Setelah berkuasa langsung mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jendral di Indonesia pada tanggal 17 September 1811. Pemerintahan Raffles di Indonesia membawa banyak sekali perubahan, diantaranya adalah penghapusan sistem monopoli, menghapus perbudakan, membagi Pulau Jawa menjadi 16 karesidenan, penulisan buku “The History of Java”, dan beberapa perubahan lain.

Pada tahun 1814 seluruh wilayah jajahan milik Belanda yang dirampas Inggris harus dikembalikan. Pengembalian wilayah tersebut berdasarkan putusan konvensi London.

Pada tahun 1816, pemerintahan Inggris di Indonesia secara resmi berakhir. Dan sejak saat itu, Belanda kembali berkuasa di Indonesia hingga tahun 1942.

6. 1942 – 1945 M : Jepang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun.

tentara jepang

Sejak tahun 1868, Jepang melakukan berbagai modernisasi besar-besaran yang dikenal dengan Restorasi Meiji. Dan sejak saat itu Jepang telah menjadi negara industri yang sangat modern.

Pada tahun 1941 Jepang menyerang Pearl Harbor dan sejak saat itu Jepang dan Amerika Serikat mulai terlibat dalam perang dunia ke-2. Untuk membiayai mesin-mesin perang dan industri agar tetap berjalan, maka Jepang melakukan invasi ke beberapa daerah yang kaya bahan mentah termasuk Indonesia.

Tahun 1942 Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang dalam sebuah perjanjian di daerah Kalijati. Sejak saat itu, berakhirlah masa penjajahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh Jepang. Jepang sendiri menjajah Indonesia hanya dalam waktu 3,5 tahun dan berakhir pada tanggal 17 Agustus 1945 yaitu tepat saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Itulah daftar 6 negara yang tercatat dalam sejarah pernah menjajah Indonesia.

EDITOR: Muh. Abu Faiz

BAGIKAN:
SPONSORED STORIES
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

loading...
To Top